Greenify Your Life

Tips Packing Tanaman Untuk Dikirim (Jualan Online)

packing tanaman untuk dikirim

Bisnis tanaman secara online kian menjamur karena permintaan pasar yang sangat tinggi. Bisnis ini memiliki resiko pengiriman yang cukup tinggi, apalagi jika tidak didukung dengan pengalaman dan pengetahuan yang tepat. Tanaman hidup ada yang mampu bertahan di pengiriman hingga berhari-hari dan ada yang sangat rentan layu/mati. Mengingat barang yang dikirim dalam kondisi hidup, maka diperlukan teknik packing yang bagus dan setiap tanaman butuh perlakuan yang berbeda-beda.

Jika saat ini anda sedang berencana untuk mulai bisnis online jualan tanaman, baik itu tanaman hias, herbal, buah-buahan, sayur ataupun yang lainnya, anda wajib mempelajari teknik packing tanaman secara spesifik untuk jenis tanaman yang spesifik pula.

loading...

Dalam artikel ini kita tidak membahas cara packing tanaman untuk dikirim secara detail, melainkan hanya poin-poin penting yang wajib diperhatikan saja seperti karakter tanaman yang bisa dikirim, dan kurir untuk pengiriman tanaman.

Karakter Tanaman yang Bisa Dijual Online

Dari segi kekuatan, tanaman yang ideal untuk dijual secara online adalah tanaman yang memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap perubahan kondisi lingkungan seperti suhu, kelembapan dan pencahayaan. Hal ini penting mengingat ada tanaman yang tidak boleh telat kelembapan / air meski hanya sebentar. Contoh tanaman yang tahan terhadap  kondisi kering diantaranya adalah kaktus, anggrek, dan bromeliads. Tanaman yang hidup di media tanah juga bisa dikirim dengan teknik khusus seperti dibahas di poin selanjutnya.

Dari segi ukuran, usahakan tanaman jangan terlalu tinggi dan terlalu berat. Hal ini perlu dihindari demi kepentingan anda sendiri dan konsumen. Semakin besar dan tinggi akan semakin membebani ongkos pengiriman.

Jenis tanaman untuk jual beli online sebaiknya yang berfisik kuat tidak rapuh, tidak mudah patah dan bisa disesuaikan agar tidak goyang di dalam kardus packing.

Tanaman Tidak Boleh Goyang / Gerak Di Dalam Kemasan Packing

Tanaman yang dikemas dalam kemasan (packaging) posisinya harus stabil dan tidak bergerak meskipun posisi kemasan dibolak-balik. Anda bisa mengaitkan bagian tanaman paling kuat dengan kardus kemasan kemudian memberi perlindungan ganda pada bagian-bagian yang mudah sobek, patah, rusak, seperti daun, tangkai bunga, dan ranting dengan kertas koran atau bubble wrap.

Awas Bonyok Saat Kelembapan Meningkat

Udara di dalam kemasan packing bisa meningkat ketika paket yang dibawa kurir terpapar sinar matahari langsung atau terkena suhu panas disekitar tempat penyimpanan. Pada dasarnya suhu tersebut tidak berpengaruh terhadap tanaman seandainya tidak ada kelembapan di dalam paket. Masalahnya, tanaman masih butuh kelembapan ketika dikirim dan itu tidak bisa dihindari.

Agar suhu panas tersebut tidak menyebabkan pembusukan pada bagian-bagian tanaman yang rapuh seperti daun dan bunga maka kita harus membatasi agar kelembapan di sekitar akar tidak dapat keluar, sehingga bagian tanaman yang lain tetap aman. Solusinya sangat mudah, yaitu memberi sedikit kelembapan di daerah perakaran kemudian membalut rapat daerah tersebut dengan plastik.

Jamunya Adalah Adaptan

Salah satu persiapan wajib dalam packing tanaman untuk dikirim adalah meningkatkan daya tahannya terhadap perubahan kondisi seperti yang diuraikan di atas. Cara paling umum adalah dengan pemberian hormon (zat pengatur tumbuh seperti Auksin) dan vitamin. Aplikasinya yaitu dengan cara disemprotkan ke daun dan rendam akar. Butuh waktu antara 1 – 3 jam untuk perendaman akar agar tanaman dapat menyerap zat adaptan dengan sempurna.

Poin pentingnya disini adalah harus ada jeda waktu penirisan sampai kering / setengah kering setelah ditreatment menggunakan ZPT / adaptan.

Pilih Kemasan Yang Kuat / Kokoh

Untuk meminimalisir kerusakan pada tanaman anda wajib pakai kemasan (packaging kardus) yang paling tebal. Mungkin anda perlu budget lebih untuk membeli kardus yang bagus, tapi demi keselamtan paket hal ini tidak bisa ditolelir.

Mencari Informasi Kurir Sebanyak-Banyaknya

Tak kalah penting dari semua poin di atas adalah pemilihan kurir. Meskipun buyer boleh memilih kurir, tapi kewajiban anda adalah memberikan saran yang paling aman untuk konsumen. Pemilihan kuri ini tidak semudah yang kita bayangkan, karena ada beberapa hal teknis (dari pihak kurir) yang terkadang cukup merepotkan seperti surat karantina, bentuk kemasan, dan ukuran maksimum paket yang boleh dikirim.

Sambil berjalan, silahkan cari informasi kurir sebanyak-banyaknya, sehingga ketika ada permintaan dari pembeli anda sudah tidak bingung / repot lagi.

Demikian tips sederhana packing tanaman untuk dikirim yang bisa anda terapkan untuk bisnis tanaman online yang anda jalankan. Semoga bermanfaat.

Related articles

Manfaat molasses untuk pupuk

(Molasses) Kandungan, Aplikasi dan Manfaat Tetes Tebu untuk Pertanian

Manfaat tetes tebu untuk pertanian sangatlah nyata. Nama lain tetes tebu adalah molasses. Di luar dunia pertanian, molasses biasa digunakan sebagai bahan baku alkohol melalui proses fermentasi, suplemen ternak, bahan baku micin (MSG), kecap dan lain sebagainya. Bahkan, molasses semakin digandrungi sebagai pemanis makanan alami. Gak percaya? Silahkan browsing aja di lapak online ada banyak […]

merawat tanaman indoor

Tips Cerdas Merawat Tanaman Indoor Agar Tetap Menarik

Di posting sebelumnya kita sudah membahas tentang tanaman apa saja yang bisa ditanam secara indoor, diantaranya sangat cantik di taruh di atas meja. Lainnya bisa ditempatkan di sudut rumah, di samping tempat tidur, atau bahkan di sudut ruang tamu. Nah, untuk merawat tanaman hias indoor seperti yang dicontohkan dalam artikel tersebut diperlukan tips dan trik […]

Tinggalkan Balasan