Greenify Your Life

Tanaman Hias Pembersih Udara Ruangan / Indoor Efektif Menyerap Polutan

Manfaat tanaman peace lily

Ulasan ini merupakan kelanjutan dari kompilasi tanaman hias pembersih ruangan yang bisa anda baca di sini. Pada ulasan tersebut anda bisa menemukan berbagai macam tananaman yang paling efektif dalam menyerap beberapa zat berbahaya di udara berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh NASA bersama dengan Associated Contractors of America (ALCA).

Nah, untuk memudahkan para pembaca dalam memilih tanaman sesuai dengan kebutuhan (terutama yang ingin menanam secara indoor), maka disini kami telah merangkum beberapa tanaman hias pembersih udara ruangan. Sesuai pengalaman, tanaman tersebut sangat mampu hidup secara indoor. Secara kebetulan, mungkin anda juga sudah pernah melihat beberapa tanaman di bawah ini ditata sedemikian rapi di ruangan publik atau fasilitas-fasilitas umum.

loading...

Langsung saja berikut adalah daftarnya.

Boston Fern (Nephrolepis exaltata)

Boston fern tanaman hias pembersih udaraTergantung space yang anda miliki, bisa pilih rumpun kecil atau yang sudah besar. Tanaman ini sangat mudah dirawat secara indoor baik untuk cornering, center point, maupun digantung di dalam ruangan. Tanaman jenis paku-pakuan sangat toleran terhadap pencahayaan minim, jadi bisa jadi pilihan tepat.

Spider Plant / Bulu Ayam (Chlorophytum comosum)

Harganya murah meriah dan mudah didapatkan. Soal penataan, Spider Plant bisa dijadikan tanaman meja karena posturnya lumayan kecil. Di dalam ruangan tanaman ini hanya butuh penyiraman seminggu sekali. Kalau sering-sering disiram takutnya malah busuk akar. Pemupukan juga jarang-jarang saja, yang penting tidak terlihat adanya gejala defisiensi nutrisi.

Sri Rejeki (Aglaonema modestum)

Aglaonema modestum pembersih udaraUntuk tanaman yang satu ini anda harus jago dulu sebelum membeli. Aglaonema cenderung sulit dirawat bagi pemula. Jika sudah mahir, tanaman satu ini bisa membuat pemiliknya benar-benar jatuh hati karena ada banyak sekali varian warna menarik.

Bonsai Beringin (Ficus benjamina)

Pohon pembersih udaraJika ditanam di lahan, beringin bisa tumbuh hingga puluhan meter. Lain lagi jika sudah dibonsai, maka karakter bisa kita setting sesuai kebutuhan. Harga bonsai beringin sangat bervariatif mulai dari puluhan ribu hingga ratusan juta. Untuk ruangan anda bisa memilih tanaman beringin daun hijau maupun daun putih (beringin putih). Bonsai beringin bisa dikatakan sebagai tanaman hias pembersih udara ruangan eksklusif.

Sirih Gading (Epipremnum aureum)

tanaman pembersih udara ruangan terbaikSirih gading merupakan salah satu tanaman indoor yang paling banyak penggemarnya. Selain untuk dekorasi, ternyata sirih gading memiliki kemampuan dalam menyerap racun yang ada di udara. Anda bisa menanam Sirih Gading di vas air maupun di pot dengan media tanam tanah.

Anthurium Bangkok (Anthurium andreanum)

tanaman indoor pembersih polusiDaunnya glossy banget, bunganya merah merona. Anthurium di habitat asalnya merupakan tanaman epifit sama seperti anggrek dan bromeliads. Jadi pemilihan media tanam sebaiknya yang porous dan tidak terlalu menyimpan kelembaban. Agar bisa berbunga anthurium butuh pencahayaan sedang.

 

 

 

Palem Waregu / Lady Palm (Rhapis excelsa)

Melihat popularitasnya, tanaman ini masuk pada kategori tanaman klasik. Pasalnya kita bisa menemukan jenis palem ini di hutan kota di berbagai daerah, hingga jadi menu utama dekorasi hotel-hotel di sudut ruangan. Karakternya sangat mudah tumbuh, pohonnya kecil dan tidak terlalu tinggi.

Bunga Gerbera / Elbra / Herbras (Gerbera jamesonii)

tanaman pemurni udaraGerbera masih satu famili dengan bunga Aster dalam keluarga Asteraceae. Tanaman ini tumbuh menahun dengan produk bunga yang sangat cantik. Agar penampilannya maksimal, sudah memang seharusnya tanaman ini ditempatkan pada lingkungan teduh seperti di dalam ruangan yang masih bisa ditembus cahaya matahari.

Sri Gading (Dracaena fragrans)

tanaman indoor penyerap polusiSekilas tanaman ini mirip pohon jagung dengan daun menjuntai. Sri Gading masih satu rumpun dengan tanaman Tricolor (Dracaena marginata). Dracaena fragrans memiliki batang seperti tebu (memiliki ruas)  dan teksturnya tidak terlalu keras. Sri Gading posturnya lebih besar dibanding Tricolor oleh karenanya butuh space agak lebar. Ada dua pilihan untuk tanaman hias pembersih udara ruangan, yaitu yang berdaun hijau dan variegata.

 

English Ivy (Hedera helix)

tanaman balkon penyaring polusiTanaman ini tumbuh merambat dan cenderung ekspansif. Untuk dekoratif ruangan, English Ivy bisa ditempatkan di balkon apartmen ataupun rumah. English Ivy sangat tidak toleran terhadap sinar matahari langsung, jadi tempatnya harus shady ya. Untuk nuansa yang lebih ceria, anda bisa mengkombinasikan antara English Ivy daun hijau dan English Ivy daun variegata (hijau putih / hijau kuning).

 

 

 

Lidah Mertua Variegata (Sansevieria trifasciata ‘Laurentii’)

tanaman rumah penghasil oksigenSangat mudah ditata, hardy, dan cocok ditempatkan di segala tipe ruangan, bahkan kamar tidur. Tak perlu banyak-banyak, cukup tanam satu batang Lidah Mertua Variegata, maka itu sudah cukup untuk menyulap nuansa indoor menjadi lebih menarik.

Peace Lily (Spathiphyllum ‘Mauna loa’)

tanaman untuk ruangan tertutupPeace Lily sangat toleran terhadap ruangan minim pencahayaan. Bahkan ia mampu hidup hanya mengandalkan artificial lighting yang bersumber dari lampu yang kita gunakan sehari-hari. Peace Lily memiliki bunga berwarna putih tulang, serta daun hijau mengkilap. Untuk jenis daun variegata daunnya berwarna hijau-putih hingga putih sempurna. Peace Lily termasuk tanaman hias pembersih udara ruangan terbaik berkat kemampuannya dalam menyerap lebih dari tiga macam zat berbahaya.

Bunga Krisan (Chrysanthemum morifolium)

tanaman pembersih udara indoorMeskipun bunga krisan hanya dapat dinikmati dalam waktu yang cukup singkat, nyatanya orang selalu rela indent untuk mendapatkan blooming terbaik di toko-toko bunga. Krisan ada yang berbunga besar dan ada yang berbunga mini. Keduanya sama-sama menarik dan punya banyak penggemar. Tips supaya selalu dapat blooming terus, anda bisa langgangan di toko bunga terdekat. Bunga krisan mekar paling lama 1 bulan sejak munculnya knop pertama. Setelah rontok maka akan sulit sekali mendapatkan mekar sempurna seperti sedia kala. Krisan termasuk tanaman hias pembersih udara ruangan terbaik setelah Peace Lily.

Related articles

cara merawat tanaman peace lily

Merawat Tanaman Peace Lily Agar Tetap Segar dan Mengkilap

Merawat bunga Peace Lily itu sangat mudah jika sudah tahu apa saja syarat dan kebutuhan hidupnya. Terlepas dari jenis yang anda miliki, hampir semua jenis Peace Lily (Spatiphyllum spp.) butuh perawatan yang hampir sama. Jika sampai hari ini anda masih bingung cari cara bagaimana merawat tanaman Peace Lily agar terlihat segar dan mengkilap, berikut kami […]

palem untuk taman minimalis

Palem Untuk Taman Minimalis (Pilihan Paling Ideal)

Memiliki hunian dengan taman minimalis memang cukup menantang. Tantangannya adalah bagaimana dengan modal lahan sempit tersebut kita bisa menghijaukan rumah agar terlihat asri. Selain skill penataan taman, hal tersulit selanjutnya adalah memilih jenis tanaman itu sendiri. Setiap tanaman memiliki karakter tumbuh yang unik, sehingga kesan yang ditimbulkan sangat beraneka ragam. Ada yang memiliki kesan eksotis, […]

1 Komentar

Tinggalkan Balasan