Greenify Your Life

Tanaman Hias Minim Perawatan Buat yang Super Sibuk

Sesibuk apapun sebagai manusia kita pasti butuh hiburan. Memandang hijauan dan warna-warna cantik tanaman hias sudah sejak lama dilakukan untuk melepas rasa penat, letih dan lelah. Bahkan hanya dengan memandang hijauan otak kita bisa refresh sehingga tubuh menjadi fit kembali. Dengan alasan itulah kenapa banyak orang sengaja menghadirkan berbagai macam jenis tanaman sebagai hiasan sekaligus juga sebagai penyegar hunian.

Meski kita suka dengan tanaman hias, terkadang waktu tidak memihak. Dengan demikian kita selalu saja mengurungkan niat untuk membelinya. Nah, dalam artikel ini kita saya akan berbagi informasi terkait tanaman hias minim perawatan buat anda yang super sibuk.

loading...

Beberapa Jenis Anggrek

Fakta mengatakan bahwa anggrek itu jauh lebih mudah dipelihara on neglect dari pada jenis tanaman lain. Merawat anggrek sangat mudah hanya saja pertumbuhannya tergolong lambat. Jika anda benar-benar pemula soal anggrek, coba saja jenis Dendrobium khususnya yang dari section spatulata (bunga keriwil) baik yang spesies maupun hybrid contohnya adalah Dendrobium tiara beauty, Dendrobium x superbiens, Dendrobium stratiotes, Dendrobium discolor, Dendrobium helix, Dendrobium black spider, Dendrobium lasianthera dan lain sebagainya. Kalau mau bunga yang lebih gede bisa pilih dari genus Cattleya, Grammatophyllum, ataupun Vanda.

Lah, katanya merawat anggrek itu susah? Siapa bilang, wong anggrek itu hanya perlu disiram kalau media tanam sudah kering. Terlebih lagi, anggrek adalah tanaman yang membutuhkan sangat sedikit nutrisi untuk tumbuh subur. Trust me! Merawat anggrek itu MUDAH! Malah-malah, untuk jenis Dendrobium, Cattleya, Grammatophyllum dan Vanda lebih tahan kering dari pada terlalu basah. Ada satu lagi anggrek yang butuh perawatan sangat minim yaitu anggrek gurun (Eulophia petersii).

Tips buat yang super sibuk:

  • Taruh anggrek di tempat teduh, masih dapat ditembus cahaya matahari (bedakan antara sinar dan cahaya matahari) dan memiliki sirkulasi udara yang bagus.
  • Siram setidaknya 1 minggu sekali
  • Pupuk setidaknya 1 bulan sekali
  • Gunakan media tanam kombinasi (khusus pot) biar tidak cepat kering seperti campuran pakis cacah, arang, dan cocochips.
  • Khusus anggrek tanpa media seperti Vanda boleh ditaruh di tempat teduh dengan intensitas cahaya minim.

Anthurium

Anthurium memang sangat mahal di jamannya tapi sekarang sudah cukup terjangkau. Ada banyak sekali jenis Anthurium yang beredar di pasaran mulai dari bentuk daun polos seperti Anthurium jemani cobra super hingga yang unik dan berbunga seperti anthurium andraeanum dan yang paling saya sukai Anthurium kuping gajah bunga putih (laceleaf). Sebagian tanaman hias Anthurium termasuk dalam tanaman kelas koleksi untuk itu mencarinya agak susah, butuh referensi dan yang pasti harganya juga premium.

Sebenarnya jenis anthurium sangat tidak toleran terhadap kekeringan. Kalau media kering terlalu lama daunnya akan menguning dan rontok. Tenang saja, hal tersebut bisa diatasi dengan trik sederhana.

Tips buat yang super sibuk:

  • Beli tanaman yang sudah rimbun atau yang gede sekalian
  • Taruh di dalam atau teras rumah dan jangan sampai kena sinar matahari langsung
  • Siram 1 – 2 minggu sekali
  • Pemupukan 1 bulan sekali atau gunakan pupuk slow release

Jenggot Musa (Spanish Moss / Tillandsia usneoides)

Kalau yang ini bentuknya malah ndak mirip tanaman, populer dengan nama jenggot musa. Spanish Moss tumbuh menjuntai seperti akar yang lebat. Perawatannya sangat-sangat mudah dan bisa dibilang ndak mati-mati meski tidak disiram dua minggu sekali. Kebutuhan primernya adalah sirkulasi udara yang baik. Dalam jumlah banyak, Tillandsia usneoides sangat cocok di tanam sebagai tirai penutup.

Tanaman ini tidak butuh media tanam apapun dan bisa digantung di mana saja selama masih ditembus sinar matahari.

Disocactus Ackermannii (Orchid Cactus)

Dulu tanaman ini sempat dijuluki sebagai orchid cactus (kaktus yang ke-anggrek-anggrek-an…hehe) karena sifatnya epifit (hidup di pohon) dan litofit (menempel di bebatuan basah). Dilihat dari bentuk batangnya mirip bunga wijaya kusuma tapi lebih kecil. Meski demikian anda bisa menanam di pot dengan media tanah karena tanaman ini cukup toleran terhadap kelembapan.

Orchid cactus memiliki banyak varian warna bunga mulai dari warna merah, putih, pink, hingga mix.

Anda terlalu sibuk dan kepingin merawat disocactus? Ikuti tips di bawah ini:

  • Tanam pada pot yang agak tinggi dengan media tanam campuran cocopeat dan pasir/tanah berpasir.
  • Taruh di tempat teduh
  • Jarang-jarang kasih pupuk dengan kandungan P tinggi misalnya merek Growmore dengan kadar NPK 10:55:10

Tanaman Aquatic

Tanaman air? Kenapa tidak! Toh mereka juga tak kalah cantik dan yang terpenting adalah tanaman hias minim perawatan! Contoh tanaman hias aquatic yang sangat populer adalah:

tanaman hias yang mudah ditanam dan mudah tumbuh

  • Bunga tetepok (Nymphoides dan berbagai spesies/variannya)
  • Bunga teratai/water lily (Nymphaea dan berbagai spesies/variannya)
  • Bunga seroja/lotus (Nymphaea dan berbagai spesies/variannya)
  • Semanggi
  • Apu-apu/pistia/water lettuce
  • Bambu air

Yang harus disiapkan sebelum membeli tanaman aquatic adalah pot khusus atau kolam. Tanaman seperti yang dicontohkan tersebut tidak perlu perawatan khusus, yang penting jaga stok air jangan sampai kering.

Bromeliads (Rumpun Nanas Nanasan)

Sekelas dengan bromelia adalah gusmania dan tillandsia termasuk nanas. Kalau nanas hanya bisa hidup di tanah, gusmania, tillandsia dan bromelia mampu hidup secara epifit (ditempel pada papan kayu, papan pakis, pohon hidup, dsb). Tak heran jika banyak orang menanam bromelia pada batang kayu yang sudah kering dan diberi ranting-ranting buatan sehingga terlihat lebih menarik.

tanaman hias mudah dipelihara

Bromelia tergolong sebagai tanaman tahan banting dengan varian warna cukup banyak mulai dari hijau, merah, pink, hingga warna garis-garis merah hijau. Khusus jenis tillandsia dan gusmania memiliki bagian tanaman yang tumbuh dari tengah batang berbentuk seperti bunga sehingga sangat enak dipandang.

Soal perawatan, kayaknya ndak ada tips khusus kecuali kalau ingin memunculkan warna agar lebih mengkilat dan menyala. Penyiraman bisa dilakukan seingatnya saja yang penting tanaman tidak mati.

Sansevieria & Aloe Vera

Tidak ada lidah mertua, lidah buaya pun jadi! Keduanya sama-sama tanaman semak rendah dan sukulen. Bedanya dengan Cactus mapun Discocactus (beda dengan Disocactus seperti yang telah dijelaskan) yang notabene juga sukulen, sansevieria dan aloe vera lebih enak diajak sibuk.

Aloe vera bisa jadi pilihan tepat sembari diambil manfaat herbalnya. Untuk varian, lidah mertua punya lebih banyak mulai dari bentuk daun (runcing, silinder, hati, panjang, hingga bulat) dan corak serta warna daun (putih, kuning, sedikit ungu, totol). Soal yang terakhir ini jangan remehkan bentuk dan ukurannya. Jika sudah dianggap langka, tanaman ukuran 10 cm sekalipun biasa dihargai ratusan hingga jutaan.

Kamboja Jepang (Adenium)

Sebagai orang yang super sibuk, mungkin anda juga punya hobi grafting. Inilah jawabannya! Kalaupun tidak, anda bisa jadi penikmat keindahan bunga kamboja jepang yang terus bermunculan begitu dewasa. Meski tidak sepopuler dulu, adenium tetap jadi salah satu menu utama toko dan pasar bunga. Jenis-jenis warna bunga baru terus saja bermunculan berkat para penyilang.

tanaman hias minim perawatan dan mudah tumbuh

Untuk perawatan sudah tidak diragukan lagi alias sangat mudah, toleran terhadap kekeringan, butuh sedikit nutrisi, dan bisa hidup di cuaca apa saja.

Fakta unik:

Pembudidaya adenium biasanya menggantung tanaman dengan posisi terbalik sebelum melakukan pembentukan/program akar agar mirip bonsai. Hal tersebut dilakukan supaya getahnya mengering dan cepat tumbuh akar baru yang lebih maksimal.

Philodendron

Langsung sebut saja jenis paling populer yaitu Philodendron black cardinal, Philodendron moonlight, Philodendron monstera, Philodendron katak, dan Philodendron prince of orange. Philodendron merupakan jenis tanaman hias minim perawatan.

Related articles

Bunga hoya

Menanam Bunga Hoya: Keindahan, Keunikan dan Tips Perawatan

Kali pertama mengenal tanaman bunga Hoya langsung kepincut dengan keindahan plus keunikannya. Saya sendiri kurang begitu mendalami mengenai jumlah spesies tanaman hias yang satu ini mengingat yang saat ini dipelihara hanya beberapa jenis saja. Dengar-dengar dari kawan dan berdasarkan informasi di dunia maya, Hoya memiliki ratusan spesies tersebar di berbagai wilayah tropis khususnya Asia. Indonesia […]

jenis tanaman alocasia

Jenis Tanaman Alocasia Daun Paling Eksotis Ini Diantaranya

Pernah dengar tanaman alokasia? Ya, tanaman yang akrab disebut sebagai sente oleh orang jawa itu beberapa diantaranya sangat eksotis. Dulu yang sempat geger dan harganya sempat melambung tinggi diluar nalar adalah sente hitam. Sekarang harganya sudah mulai stabil dan masih tetap eksotis. Bagi anda yang ingin mengenal lebih dalam tentang tanaman alokasia, berikut adalah hal-hal menarik serta […]

Tinggalkan Balasan