Greenify Your Life

Peluang Sukses Budidaya Tanaman Hias Masih Sangat Lebar

sukses budidaya tanaman hias

Peluang sukses budidaya tanaman hias masih sangat lebar karena bisnis ini memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Terlebih lagi trend gaya hidup ‘hijau’ semakin hari semakin meningkat, apalagi di perkotaan yang bisa dibilang kadar oksigennya semakin ‘menipis’. Belum lagi bicara soal kebutuhan rohani (jiwa), dimana tanaman hias masuk dalam salah satu daftar teknik alternatif refreshing, selain menikmati pemandangan alam, hamparan lautan dan hijauan hutan.

Yang pasti permintaan pasar akan tanaman hias bisa dibilang sangat tinggi, dimana hingga saat ini pembudidaya tanaman hias masih terpusat di daerah-daerah tertentu. Kesenjangan tesebut juga berarti peluang, karena anda bisa melakukan budidaya tanaman hias hampir dimanapun tempatnya.

loading...

Bisnis ini cukup menantang, karena masih dianggap sulit oleh persepsi umum. Padahal kalau anda mau melakukan sedikit survey, sebenarnya bisnis budidaya tanaman hias cukup mudah dilakoni, asalkan punya passion di bidang tanaman. Jangan asal coba-coba untuk suatu hal yang tidak benar-benar anda seriusi karena hanya membuang-buang waktu.

Nah, bagi anda yang sangat ingin melakukan budidaya tanaman hias tapi tidak tahu mulai dari mana, berikut adalah gambaran singkat tentang usaha budidaya tanaman hias beserta kunci suksesnya.

Apa Sih Sebenarnya Budidaya Tanaman Hias Itu?

Budidaya tanaman hias tidak selalu berorientasi laba, tapi jika memang untuk mendapatkan keuntungan, maka aktifitas budidaya tanaman hias secara umum ditekankan pada perbanyakan tanaman. Jadi yang dilakukan oleh pembudidaya tanaman hias adalah memperbanyak tanaman.

Cara Budidaya Tanaman Hias

Kuncinya adalah sesederhana ini:

Pilih jenis tanaman hias paling populer > pelajari teknis perbanyakannya > tanam sebanyak-banyaknya > jual 

Meskipun terlihat sederhana, tapi praktiknya bisa cukup rumit, terutama disaat awal seleksi tanaman hias yang ingin dibudidayakan. Seleksi sangat penting dilakukan terutama untuk mencocokkan kondisi lahan yang kita miliki serta lingkungan yang ada karena setiap tanaman  hias memiliki karakter dan syarat tumbuhnya masing-masing.

Misalnya adalah jenis tanaman hias daun seperti dieffenbachia,  aglaonema, dan philodendron butuh naungan dan lingkungan yang agak sejuk. Tanamah hias berpostur besar seperti sikas membutuhkan lingkungan terbuka dan luas. Contoh lain adalah tanaman hias bunga asoka, rombusa, ravenia, brokoli kuning / hijau yang cenderung lebih mudah dibudidayakan dan tidak membutuhkan tempat khusus.

Selanjutnya adalah soal teknis budidaya. Teknis tersebut meliputi cara perbanyakan tanaman, perawatan harian dan penanggulangan OPT (organisme pengganggu tanaman) yang bisa saja menyerang sewaktu-waktu seperti jamur, hama, ayam, gangguan dari aktifitas manusia disekitar, dsb. Teknis ini sifatnya sangat spesifik sehingga satu jenis tanaman memiliki perlakuan berbeda dengan jenis tanaman lain.

Jika anda sudah mahir melakukan seleksi jenis tanaman hias dan memahami teknis budidayanya maka sebenarnya dua hal tersebut sudah cukup sebagai modal untuk menapaki jalan sukses budidaya tanaman hias. Selanjutnya anda bisa menerapkan beberapa tips sukses budidaya tanaman hias berikut ini.

Kunci Sukses Budidaya Tanaman Hias

Informasi berikut ini sebenarnya cukup sulit didapatkan kecuali anda berani melakukan survey sendiri dan langsung bertanya kepada para pelaku budidaya tanaman hias. Dan ternyata diantara rahasianya adalah sebagai berikut.

Fokus, Fokus dan Fokus

Beberapa kali saya mengamati, ternyata resep dari kesuksesan bisnis tanaman hias adalah fokus. Fokus berarti siap untuk menggarap jenis tanaman hias tertentu yang memiliki karakter dan syarat tumbuh yang hampir sama. Hal tersebut penting diperhatikan untuk meminimalisir tenaga kerja yang dibutuhkan juga biaya perawatan.

Seiring berjalannya waktu anda bisa menambah varian / jenis tanaman lain jika stok tanaman di kelompok pertama sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Percepat Perputaran Modal Dengan Kuantitas

Semakin banyak tanaman yang anda miliki maka akan semakin cepat pula perputaran modal. Kenapa bisa demikian? Karena biasanya agen tanaman hias akan mencari stok kulakan yang jumlahnya lebih dari 1000 tentunya dengan harga yang jauh lebih miring dari pada stok yang lebih sedikit. Dan kembali lagi, untuk bisa menyediakan stok yang melimpah anda harus balik ke poin pertama yaitu fokus dan fokus.

Jangan Terkecoh Harga Pasar

Untuk beberapa saat harga tanaman hias mungkin akan sedikit turun atau bahkan anjlok di pasaran. Jangan tergesa-gesa untuk cuci gudang karena hal tersebut sangat wajar dan tidak akan bertahan lama. Tetap pertahankan stok dan rawat semaksimal mungkin hingga harga pulih kembali. Prinsipnya semakin besar ukuran sebuah tanaman / rumpun tanaman maka harganya juga pasti lebih mahal.

Jangan Gampang Tergiur Dengan Tanaman Mahal yang Harganya Sering di-Blow Up (Kecuali Anda Punya Strategi)

Bermain di beberapa segmen tanaman hias mungkin cukup berisiko. Jenis-jenis tanaman hias seperti ini sangat mudah diketahui, yaitu dengan melihat harganya yang terkadang melambung sangat tinggi bahkan diluar nalar. Kondisi tersebut sebenarnya sah-sah saja untuk terjadi, karena bisnis tanaman hias hakikatnya adalah hobi dan kesenangan. Tapi jika anda tidak mempunyai strategi dan modal yang mumpuni, sudah dapat dipastikan akan gulung tikar.

Budidayakan Tanaman Hias Populer

Tanaman hias populer harganya cenderung stabil dan bahkan selalu naik sedikit demi sedikit. Tanaman hias populer adalah jenis-jenis tanaman hias yang selalu ada di pajangan toko bunga. Tanaman jenis ini mungkin juga terus dikembangkan untuk menciptakan varian-varian baru sehingga popularitasnya tetap terjaga.

Related articles

Cara Memulai Bisnis Tanaman Secara Online Buat Pemula

Bisnis tanaman secara online akhir-akhir ini banyak dilirik mengingat prospeknya sangat cerah. Beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah trend belanja online yang semakin meningkat, didukung oleh adanya mekanisme jual-beli online yang semakin hari semakin terjamin. Para pelaku bisnis tanaman ini memanfaatkan berbagai macam fasilitas online untuk menjual dagangannya mulai dari website ecommerce , blog, medsos, forum, […]

peluang bisnis pupuk organik

Peluang Bisnis Pupuk Organik dan Strategi Pemasarannya

Peluang bisnis pupuk organik pada dasarnya memang ada dan kesempatannya sangat terbuka lebar. Pun demikian prospek dari bisnis pupuk organik di lingkungan petani sendiri masih tergolong kecil. Meskipun benar bahwa bertanam secara organik terus tumbuh menjadi tren populer, tapi itu hanya untuk skala kecil dan spesifik. Secara umum petani di Indonesia masih mengandalkan bahan-bahan kimia […]

Tinggalkan Balasan