Greenify Your Life

Peluang Bisnis Pupuk Organik dan Strategi Pemasarannya

peluang bisnis pupuk organik

Peluang bisnis pupuk organik pada dasarnya memang ada dan kesempatannya sangat terbuka lebar. Pun demikian prospek dari bisnis pupuk organik di lingkungan petani sendiri masih tergolong kecil. Meskipun benar bahwa bertanam secara organik terus tumbuh menjadi tren populer, tapi itu hanya untuk skala kecil dan spesifik. Secara umum petani di Indonesia masih mengandalkan bahan-bahan kimia sintetis untuk mendukung pertaniannya.

Pupuk organik secara umum masih belum diminati oleh petani karena beberapa alasan diantaranya adalah proses pembuatan yang cenderung memakan waktu dan biaya apalagi untuk kegiatan pertanian skala besar ditambah efek kepada tanaman yang dinilai kurang sesuai dengan ekspektasi.

loading...

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah masih ada peluang bisnis pupuk organik setelah melihat mayoritas realita yang terjadi tersebut? Saya berani menjawab iya dan peluangnya masih sangat lebar. Kenapa bisa demikian? Beberapa poin dibawah akan menjawab.

Mau Tidak Mau Petani Pasti Pakai Bahan Organik

Keputusan para petani untuk menggunakan pupuk sintetis merupakan hal yang tepat, karena urusannya dengan hasil panen dan itu wajib dilakukan. Dan kita juga harus menyadari bahwa tanaman butuh suplai nutrisi langsung yang mampu mendukung tumbuh kembangnya. Dan suplai nutrisi langsung tersebut hanya bisa dilakukan melalui pupuk sintetis / kimia. Belum lagi kalau kita berbicara unsur makro (nitrogen, fosfor dan kalium) yang memiliki takaran pas hanya bisa didapat dari pupuk sintetis. Dengan pupuk organik sangat sulit menakar unsur makro yang dibutuhkan oleh tanaman.

Disisi lain ada yang namanya tanah yang juga butuh ‘nutrisi’ agar tetap bisa sehat. Tanah yang sehat akan menghasilkan tanaman yang sehat pula dan sebaliknya. Dan untuk mempertahankan kesehatan tanah, satu-satunya jalan hanya memakai bahan organik atau produk jadinya setelah melalui proses fermentasi lebih kita kenal sebagai pupuk organik. Oleh karena itu kenapa mau tidak mau petani juga harus memakai bahan organik dan disinilah letak peluang bisnis pupuk organik berada.

Hanya butuh waktu agar para petani menyadari bahwa sebenarnya pupuk sintetis dan pupuk organik hakikatnya memiliki peranan yang sama-sama penting dan sifatnya saling mendukung.

Lantas, ditengah-tengah kondisi yang cukup dilematis tersebut bagaimana cara memanfaatkan peluang bisnis pupuk organik agar kita sebagai praktisi yang sudah memiliki resep-resep pupuk organik bisa menjual pupuk organik tersebut kepada masyarakat? Berikut adalah rahasianya!

Jualan Pupuk Organik Harus Punya Demplot (Demonstration Plot) Biar Laku

Masyarakat mau membeli pupuk organik hanya jika sudah ada bukti pemakaiannya. Mereka tidak mau mengambil resiko apalagi waktu dan modal untuk melakukan uji coba.

Anda sebagai praktisi wajib memberikan contoh aplikasi pupuk organik yang telah anda buat terhadap jenis tanaman spesifik. Dari demplot itulah masyarakat bisa mengetahui kualitas pupuk organik (beserta perlakuannya) yang anda demonstrasikan untuk kemudian secara pelan-pelan merangkul mereka untuk menggunakan pupuk tersebut. Jika demplot yang anda miliki hasilnya bagus mulai dari tanam awal hingga panen, siapa lagi yang bisa menolak untuk kerjasama? Terlebih lagi jika demplot tersebut merupakan sebuah pengembangan dari cara tanam konvensional yang sudah membudidaya ke cara tanam baru (pakai pupuk organik).

Petani Jaman Now Sudah Pada Ngumpul di Komunitas Online

Komunitas online bisa dijadikan sebagai sarana marketing yang sangat bagus. Terlebih lagi jika didukung dengan demplot yang maksimal, maka konsumen sudah dipastikan datang sendiri. Otomatis!

Pertimbangkan Juga Ketersediaan Bahan Baku

Untuk memenuhi kebutuhan pupuk organik di lahan pertanian skala besar anda butuh target produksi yang juga sangat besar. Oleh karena itu produksi pupuk organik sangat disarankan dekat dengan sumber-sumber bahan seperti dedaunan kering, kotoran hewan dan lain sebagainya.

Salam organik, semoga menambah inspirasi!

Related articles

Cara Memulai Bisnis Tanaman Secara Online Buat Pemula

Bisnis tanaman secara online akhir-akhir ini banyak dilirik mengingat prospeknya sangat cerah. Beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah trend belanja online yang semakin meningkat, didukung oleh adanya mekanisme jual-beli online yang semakin hari semakin terjamin. Para pelaku bisnis tanaman ini memanfaatkan berbagai macam fasilitas online untuk menjual dagangannya mulai dari website ecommerce , blog, medsos, forum, […]

sukses budidaya tanaman hias

Peluang Sukses Budidaya Tanaman Hias Masih Sangat Lebar

Peluang sukses budidaya tanaman hias masih sangat lebar karena bisnis ini memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Terlebih lagi trend gaya hidup ‘hijau’ semakin hari semakin meningkat, apalagi di perkotaan yang bisa dibilang kadar oksigennya semakin ‘menipis’. Belum lagi bicara soal kebutuhan rohani (jiwa), dimana tanaman hias masuk dalam salah satu daftar teknik alternatif refreshing, […]

Tinggalkan Balasan