Greenify Your Life

Palem Untuk Taman Minimalis (Pilihan Paling Ideal)

palem untuk taman minimalis

Memiliki hunian dengan taman minimalis memang cukup menantang. Tantangannya adalah bagaimana dengan modal lahan sempit tersebut kita bisa menghijaukan rumah agar terlihat asri. Selain skill penataan taman, hal tersulit selanjutnya adalah memilih jenis tanaman itu sendiri.

Setiap tanaman memiliki karakter tumbuh yang unik, sehingga kesan yang ditimbulkan sangat beraneka ragam. Ada yang memiliki kesan eksotis, elegan, minimalis, rimbun, kokoh, cantik, sejuk, asri, anggun, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan pohon palem, ia memiliki karakter tersendiri. Dan umumnya pohon palem dipilih karena beberapa alasan, diantaranya adalah perawatannya yang mudah, punya karakter elegan, kokoh, dan mewah. Itu kalau kita melihat karakter pohon palem secara umum.

loading...

Secara khusus, di dalam keluarga pohon palem-paleman terdiri dari berbagai spesies dengan karakter uniknya masing-masing. Nah, dalam artikel ini anda bisa menemukan beberapa jenis palem untuk taman minimalis yang paling ideal. Dikatakan ideal karena ukurannya tidak terlalu besar, dedaunannya tidak terlalu lebat & tidak mudah rontok, tidak ekspansive, dan mudah ditata / dirawat. Tak kalah penting, jenis pohon palem yang disajikan ini cukup mudah didapat karena sudah banyak dibudidayakan.

Sikas / Mawar Jambe (Cycas revoluta)

Tanaman satu ini memiliki kesan rapih, mewah dan elegan. Sudah sangat populer dijadikan sebagai focal point pada taman minimalis. Meskipun ditanam sendirian, sudah cukup membuat lingkugan menjadi asri. Banyak yang mengkolaborasikan sikas dengan rumput sebagai ground cover. Sikas juga terlihat serasi disandingkan dengan tanaman dari keluarga nanas-nanasan seperti tillandsia dan bromeliads serta tanaman sansevieria (lidah mertua).

Pohon palem sikas sebenarnya bisa saja tumbuh menjadi pohon besar, tapi itu butuh waktu yang sangat lama, hingga puluhan atau bahkan ratusan tahun.

Palem Putri (Adonidia merrillii)

Selanjutnya ada palem putri, dengan karakter utama batang ramping dan pendek. Ketika sudah tumbuh lebih dari satu meter, palem ini sudah bisa menghasilkan buah yang kalau matang berwarna merah. Jadi, selain bentuk pohonnya, buah-buahan tersebut jadi poin sendiri.

Palem putri tumbuh subur di daerah dingin maupun daerah panas, bahkan ia cukup toleran dengan air payau sehingga cocok untuk anda yang tinggal di daerah pesisir.

Pinang Merah (Cyrtostachys lakka)

Palem pilihan kami selanjutnya adalah palem merah yang lebih dikenal dengan sebutan pinang merah. Tanaman ini banyak dibudidayakan di daerah sumatra, tapi sekarang bisa dijumpai di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Jika anda memilih ini untuk ditanam di lahan sempit, kami memiliki beberapa catatatan, agar tidak salah pilih. Pertama, pilih tanaman usia muda (sekitar umur 1 – 2 tahun) dengan rumpun yang tidak terlalu besar agar nantinya tidak ekspansive. Mungkin anda butuh penataan lebih lanjut ketika tanaman sudah ditanam lama karena pinang merah cukup cepat beranak (tumbuh tunas baru di sekitar tanaman). Meskipun demikian, pertumbuhannya menjadi tanaman dewasa tetap butuh waktu lama. Kedua, anda harus tahu bahwa pinang merah bisa tumbuh hingga 5 – 6 meter, meski postur batangnya tidak ikut membesar alias tetap ramping.

Daya tarik utama pinang merah terletak pada pelepah daun berwarna merah menyala.

Palem Phoenix (Phoenix roebelenii)

Dengan tinggi maksimal hanya mencapai 2 meter, serta postur yang cantik menjadikan palem phoenix sangat ideal untuk taman minimalis. Meski daunnya cukup rimbun, tapi lebarnya hanya 1 meteran (full dewasa) sehingga tidak terkesan lebat. Yang perlu diingat bahwa palem ini tumbuhnya juga sangat lambat, jadi ketika beli pastikan untuk memilih tanaman yang sudah dewasa agar tidak kelamaan menunggu.

Palem Jari / Palem Waregu (Rhapis excelsa)

Palem jari adalah jenis palem paling merakyat, karena banyak dijumpai dimana-mana, outdoor maupun indoor.  Diantara berbagai jenis palem untuk taman minimalis seperti yang sudah disebutkan, ini adalah palem yang paling mini. Besar batangnya hanya seukuran jempol kaki orang dewasa, biasanya tumbuh bergerombol dan memiliki daun berbentuk kipas / jari. Titik tumbuh maksimal antara 1-2 meter saja.

Rhapis excelsa sangat toleran terhadap berbagai macam kondisi sehingga cocok ditanam di lingkungan dingin, panas, teduh maupun full sun.

Kelapa Gading & Kelapa Kopyor

Di keluarga pinang-pinangan atau palem-paleman kita tidak boleh melupakan pohon kelapa karena pohon kelapa juga termasuk dalam famili Arecaceae. Nah menariknya pohon kelapa juga kerap dijadikan sebagi tanaman dekorasi untuk taman termasuk juga taman minimalis.

Masalahnya tidak semua pohon kelapa cocok untuk taman minimalis. Hanya beberapa jenis kelapa saja yang memiliki sifat kerdil, contohnya adalah kelapa gading dan kelapa kopyor. Kedua jenis kelapa ini cukup genjah dan dalam waktu 3-4 tahun sudah bisa berbuah lebat.

Kelapa gading menawarkan kesan elegan dan nuansa cerah berkat warna ivory (putih gading) hingga jingga kemerahan pada buah, pelepah daun, hingga gradasi warna pada daun. Kelapa kopyor memiliki karakter hijau asri dengan warna buah hijau yang menggoda.

Palem Kuning (Dypsis lutescens)

Palem ini juga tak kalah menarik, meskipun sudah mainstream. Palem kuning masih banyak dijumpai di hutan Indonesia dan menyebar di hampir semua daerah (terutama daerah pegunungan). Palem ini sering dipilih sebagai tanaman hutan kota, taman jalan, dan spot-spot sempit di fasilitas publik.

Karakternya kuning cerah, tumbuh paling tinggi 2 meter, dan cukup unik ditaman secara bergerombol.

Related articles

tanaman gantung tahan panas

10 Ide Tanaman Gantung Tahan Panas dan Hujan

Dari sekian banyak macam tanaman gantung yang bisa anda pilih di toko bunga, mungkin hanya beberapa saja yang tergolong sebagai tanaman gantung tahan panas. Tanaman hias gantung tahan panas adalah tanaman yang mampu hidup pada lokasi dengan temperatur tinggi. Pada kategori ini biasanya ada dua kelompok yaitu tanaman yang benar-benar kuat hidup secara full sun […]

Manfaat tanaman peace lily

Tanaman Hias Pembersih Udara Ruangan / Indoor Efektif Menyerap Polutan

Ulasan ini merupakan kelanjutan dari kompilasi tanaman hias pembersih ruangan yang bisa anda baca di sini. Pada ulasan tersebut anda bisa menemukan berbagai macam tananaman yang paling efektif dalam menyerap beberapa zat berbahaya di udara berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh NASA bersama dengan Associated Contractors of America (ALCA). Nah, untuk memudahkan para pembaca dalam […]

Tinggalkan Balasan