Greenify Your Life

Merawat Tanaman Peace Lily Agar Tetap Segar dan Mengkilap

cara merawat tanaman peace lily

Merawat bunga Peace Lily itu sangat mudah jika sudah tahu apa saja syarat dan kebutuhan hidupnya. Terlepas dari jenis yang anda miliki, hampir semua jenis Peace Lily (Spatiphyllum spp.) butuh perawatan yang hampir sama. Jika sampai hari ini anda masih bingung cari cara bagaimana merawat tanaman Peace Lily agar terlihat segar dan mengkilap, berikut kami bagi tips buat anda sekalian.

Saya sangat yakin anda sudah memahami bahwa Peace Lily termasuk dalam kategori tanaman indoor unggulan dengan keindahan dan kemampuannya dalam menyerap racun di udara. Banyak studi telah dilakukan untuk tanaman satu ini dan hasilnya memang luar biasa.

loading...

Syarat Tumbuh dan Kebutuhan Dasar Bunga Peace Lily

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Peace Lily

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang digunakan haruslah porous dan dapat menyimpan kelembaban. Akar Peace Lily teksturnya lunak sehingga media tanam yang digunakan tidak boleh terlalu padat. Jangan gunakan tanah saja melainkan media tanam campuran yang bisa anda racik sendiri. Contohnya adalah:

  • Tanah gembur + sekam mentah + kompos
  • Humus + sekam bakar + kompos
  • Sekam + kompos
  • Tanah berpasir + sekam mentah + kompos
  • Cocopeat + sekam mentah

Jangan menggunakan pupuk kandang baru karena masih mengandung amonia yang sangat tinggi. Pupuk kandang bisa digunakan setelah terurai / diurai menjadi kompos. Dengan media tanam seperti yang disebutkan Peace Lily akan tumbuh sangat subur.

Penyiraman

Merawat tanaman Peace Lily yang benar tak bisa lepas dari cara penyiraman yang benar pula karena Peace Lily tidak tahan terhadap kekeringan. Jika telat menyiram tanaman akan layu. Sirah sehari 2x jika memang temperature sedang naik. Jika tempatnya teduh seperti di dalam ruangan, maka penyiraman bisa dilakukan 3-5 hari sekali.

Pemupukan

Peace Lily cenderung suka diet nutrisi tapi pemberian pupuk secara rutin bisa dilakukan agar tanaman cepat beranak pinak. Kalau hanya untuk dekorasi ruangan pemupukan dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali (1 tahun 2 kali). Pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk slow release, pupuk tabur, maupun pupuk daun. Mengenai konsentrasinya anda bisa memilih jenis pupuk dengan konsentrasi NPK seimbang.

Cara Memperbanyak Tanaman Peace Lily Menggunakan Teknik Split

Jika anda berencana untuk memperbanyak dan kemudian merawat tanaman Peace Lily sendiri, maka caranya sangat mudah. Pilih rumpun indukan yang bagus kemudian bongkar rumpun tersebut dari pot. Setelah dibongkar anda bisa split setiap batang tanaman untuk ditanam secara individu. Pastikan akarnya ikut ya. Kalau akarnya terpotong akan sulit untuk hidup.

Setelah batang individu ditanam langkah selanjutnya jaga kelembaban media dan tempatkan plant baru dilingkungan yang benar-benar teduh (intensitas cahaya 20-30%). Setelah akar jalan biasanya akan segera muncul tunas baru. Setelah tunas baru muncul, anda bisa memberi pupuk sekali saja.

Happy planting!

Related articles

Tanaman Hias Minim Perawatan Buat yang Super Sibuk

Sesibuk apapun sebagai manusia kita pasti butuh hiburan. Memandang hijauan dan warna-warna cantik tanaman hias sudah sejak lama dilakukan untuk melepas rasa penat, letih dan lelah. Bahkan hanya dengan memandang hijauan otak kita bisa refresh sehingga tubuh menjadi fit kembali. Dengan alasan itulah kenapa banyak orang sengaja menghadirkan berbagai macam jenis tanaman sebagai hiasan sekaligus […]

contoh tanaman hias buah

Contoh Tanaman Hias Buah Minim Perawatan Meski Dalam Pot

Dari sekian banyak contoh tanaman hias buah yang bisa dipilih, dalam artikel ini kita akan coba mengulas jenis tanaman yang mudah dirawat dan benar-benar bisa dirawat dalam pot entah itu pot kecil atau pot besar. Tak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan akan tanaman hias untuk setiap orang bisa berbeda-beda. Tanaman hias buah adalah segala jenis tanaman […]

Tinggalkan Balasan