Greenify Your Life

Meracik Sendiri Potting Mix Media Tanam Anggrek Epifit

Sangat mudah meracik sendiri media tanam anggrek epifit mix alias campuran. Media mix ini bisa kita gunakan untuk menanam hampir semua jenis anggrek epifit di dalam pot, flexible cup ataupun wadah lainnya. Saya sendiri sudah mempraktikan media tersebut untuk menanam anggrek Grammatophyllum Scriptum var Citrinum, Phalaenopsis (anggrek bulan) dan berbagai macam anggrek Dendrobium dari seedling (trans ke-2 setelah media moss), remaja hingga plant dewasa.

Potting mix atau campuran ini memiliki beberapa kelebihan dibanding media single alias tunggal.  Sifatnya bisa saling menutupi kekurangan satu sama lain, awet dan secara estetis cukup menarik dipandang mata. Prinsip dari komposisi media mix yang saya buat ini sebagian memiliki sifat sangat porous untuk memperlancar drainase, sebagian lain cenderung memiliki daya simpan air kuat. Manfaatnya jelas, yaitu kita bisa lebih mudah mengontrol kelembapan area perakaran anggrek sehingga tidak rawan busuk akar dan tidak gampang kering.

loading...

Untuk daerah yang memiliki temperatur panas, media ini bisa menjaga kelembapan hingga 3 – 5 hari. Untuk daerah dingin tentunya bisa bertahan lebih lama tanpa khawatir jamur dan busuk akar.

Langkah Pembuatan Media Tanam Anggrek Epifit

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Stereofoam bekas pakai / pecahan genteng atau batu-bata
  • Kulit pinus cacah
  • Cocochips (sabut kelapa yang sudah diiris berbentuk kotak-kotak)
  • Arang

Agar media tanam anggrek epifit tersebut bisa terlihat rapi dan berfungsi maksimal, maka kita harus memotong/mengiris/mencacah agar bentuk dan ukurannya homogen sesuai dengan besar wadah / pot yang akan kita isi. Besar pot juga disesuaikan terhadap anggrek yang ingin ditanam.  Bahan bahan yang sudah dicuci bersih kemudian dikeringkan. Setelah itu siap digunakan.

Ukuran isian untuk anggrek usia seedling hingga remaja biasanya saya memakai cacahan / potongan / irisan bahan homogen ukuran 1 – 2 cm baik untuk stereofoam, kulit pinus, cocochips maupun arang. Untuk menanam anggrek rumpun atau yang telah dewasa biasanya saya memakai cacahan / potongan / irisan dengan ukuran lebih besar (ukurannya juga homogen) di lapisan pot paling bawah. Setelah itu baru diisi dengan media homogen dengan ukuran lebih kecil.

Berikut adalah contoh susunan media tanam anggrek epifit (potting mix) yang telah saya buat. Selama beberapa tahun ini saya belum mengalami kendala yang berarti menggunakan campuran tersebut sehingga dapat menyimpulkan bahwa komposisinya sudah tepat.

Soal penggunaan media tanam cocochips kemarin saya juga sudah posting. Jika tertarik bisa baca disini. Happy planting and love your orchids!!!

Related articles

jenis moss media tanam anggrek

Jenis Moss Media Tanam Anggrek Paling Populer dan Aplikasinya

Pertama, yang dapat kita pelajari tentang jenis moss media tanam anggrek paling populer dan banyak diperjual belikan adalah yang diistilahkan dengan moss putih dan moss hitam. Dalam artikel kali ini kita akan mencoba mengulas kedua jenis moss tersebut dan mengetahui kelebihan serta kekurangannya, plus mengetahui bagaimana aplikasi yang tepat dari kedua jenis moss tersebut untuk […]

pot anggrek tanah liat

Cara Memilih Pot yang Baik untuk Anggrek

Pot yang baik untuk anggrek memiliki beberapa karakter tertentu. Pot tersebut hakikatnya hanya merupakan tempat menempel akar dan sifatnya alternatif. Pot yang baik adalah pot yang mampu memberikan kebutuhan tanaman (khususnya daerah perakaran) anggrek sesuai atau mirip dengan habitat aslinya. Semua jenis anggrek bisa ditanam di pot, tapi tidak semua pot bisa digunakan untuk menanam […]

2 Komentar

Tinggalkan Balasan