Greenify Your Life

(Molasses) Kandungan, Aplikasi dan Manfaat Tetes Tebu untuk Pertanian

Manfaat molasses untuk pupuk

manfaat tetes tebu untuk pertanianManfaat tetes tebu untuk pertanian sangatlah nyata. Nama lain tetes tebu adalah molasses. Di luar dunia pertanian, molasses biasa digunakan sebagai bahan baku alkohol melalui proses fermentasi, suplemen ternak, bahan baku micin (MSG), kecap dan lain sebagainya. Bahkan, molasses semakin digandrungi sebagai pemanis makanan alami. Gak percaya? Silahkan browsing aja di lapak online ada banyak yang jualan. Karena molasses ini sejatinya memang produk yang dihasilkan dari proses pembuatan gula tebu, maka kandungan nutrisinya masih sangat layak untuk dimanfaatkan di berbagai bidang.

Nah, jika anda penasaran tentang kegunaan molasses, terutama di bidang pertanian, berikut kami sajikan ulasan dan contoh aplikasinya. Sebelum itu kita kenalan dulu dengan yang namanya tetes tebu atau molasses ini.

loading...

Apa itu tetes tebu / molasses dan bagaimana dihasilkan?

Sebenarnya kurang tepat jika harus menyebut tetes tebu / molasses sebagai limbah. Lebih tepatnya molasses adalah byproduct atau produk sampingan yang dihasilkan dari proses pengolahan gula kristal.

Prosesnya kira-kira begini:
Tebu pertama-tama dihancurkan untuk diambil ekstraknya yang berbentuk seperti jus. Kemudian jus tersebut direbus pada suhu tinggi agar didapat bentuk gula kristal. Nah cairan yang tidak ikut terangkat inilah yang disebut sebagai molasses. Pada setiap tahap pengkristalan menghasilkan molasses dengan kadar kepekatan berbeda-beda.Yang paling banyak kita temui di pasaran lokal adalah molasses dalam bentuk blackstrap, yaitu byproduct yang paling kental berwarna coklat pekat. Blackstrap ini rasanya manis sedikit pahit dan beraroma asam1.

Blackstrap paling sering digunakan untuk pakan ternak dan jarang dikonsumsi manusia meskipun kandungna vitamin dan mineralnya lebih banyak ketimbang molasses yang warnanya lebih terang (original atau dark)2. Untuk yang terakhir ini juga banyak dijual di toko-toko online fungsinya untuk pemanis makanan alami. Berani coba?

Perbedaan Sulphured or Unsulphured Molasses

Nah, ketika anda membeli molasses kemasan bermerek biasanya akan diberi label apakah itu sulphured atau unsulphured (non-sulfur). Yang membedakan keduanya hanya sebatas pada proses pengolahannya. Molasses sulfur adalah jenis molasses yang sudah ditreatment menggunakan sulphur dioxide sebagai bahan pengawet dan sehingga aromanya menjadi lebih kuat. Untuk yang molasses unsulphured adalah jenis molasses murni yang tidak dicampur apapun1.

Kandungan nutrisi tetes tebu / molasses

Berikut adalah data gizi yang terkandung dalam molasses ukuran konsumsi manusia2.

Kandungan Gizi Molasses
Sajian per- 100 g
Jumlah per saji
Calories 290
% AKG*
Total Fat 0.1g 0 %
Sodium 37mg 2 %
Total Carbohydrate 75g 27 %
   Dietary Fiber 0g 0 %
   Sugar 75g
Protein 0g 0 %
Vitamin A 0 % Vitamin C 0 %
Calcium 16 % Iron 26 %
* Persen AKG berdasarkan pada diet 2000 kalori. AKG dapat lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori masing-masing

Unsur pada tabel di atas memang cukup bagus jika dikonsumsi manusia. Lantas bagaimana jika untuk tanaman? Data tersebut belum selesai alias ada analisis lengkapnya. Banyak website yang menyajikan data tersebut. Agar lebih mudah berikut adalah rangkuman beberapa unsur makro (macronutrients) dan mikro (micronutrients) yang dibutuhkan tanaman yang juga terkandung dalam molasses2.

Minerals
Unsur Jenis
Calcium, Ca Makro
Copper, Cu Mikro
Iron, Fe Mikro
Magnesium, Mg Makro
Manganese, Mn Mikro
Phosphorus, P Makro
Potassium, K Makro
Selenium, Se Mikro
Sodium, Na Mikro
Zinc, Zn Mikro
Vitamins
Thiamin (Vitamin B1) Mikro
Vitamin B6 Mikro

Melihat data tabel di atas sangat jelas ada banyak manfaat tetes tebu untuk pertanian, terutama sebagai pupuk, pemicu agen hayati penyubur tanah, medium untuk mempercepat pengomposan, pupuk organik dan lain sebagainya. Dengan catatan semua itu harus dilakukan dengan benar dan tidak melebihi dosis.

Manfaat Tetes Tebu untuk Pertanian, Tanaman Pekarangan, Kebun, Perkebunan, Dll

Pada prinsipnya, manfaat tetes tebu untuk pertanian (hortikultur) adalah suplemen tanah untuk memicu aktifitas mikroba. Tetes tebu mengandung karbohidrat dalam bentuk sukrosa yang sangat banyak dan itu bisa dengan mudah terdegradasi menjadi energi yang dapat langsung disantap oleh mikroba yang ada di dalam tanah. Teknik aplikasinya ada berbagai macam yang sudah umum diterapkan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Pupuk Segala Tanaman

Tetes tebu bisa langsung diaplikasikan sebagai pupuk dengan cara disemprot maupun dikocor untuk semua jenis tanaman. Beberapa mineral dan vitamin yang terkandung dalam molasses dapat langsung diserap oleh tanaman baik melalui daun maupun akar.

Caranya sangat mudah yaitu campur 1 – 3 sendok makan tetes tebu dengan 4 liter air. Setelah itu langsung bisa digunakan.

Yang perlu diingat bahwa molasses tidak dapat digunakan untuk memulihkan defisiensi nutrisi pada tanaman. Jadi jika anda menemukan defisiensi nutrisi tetap wajib menggunakan pupuk standar sesuai dengan gejala defisiensi yang nampak. Sifatnya hanya suplemen dan tidak dapat menggantikan peran pupuk standar. Jika digunakan bersamaan dengan pupuk kimia atau organik, tetes tebu dapat meningkatkan efektifitas pupuk tersebut.

Meningkatkan Efektifitas Pupuk Organik Padat

Cukup masuk akal jika tetes tebu dapat meningkatkan efektifitas pupuk organik padat. Karena dengan aplikasi tetes tebu, maka aktifitas mikroba di dalam tanah akan semakin meningkat dan dapat membantu mengolah bahan organik menjadi nutrisi bagi tanaman. Selain itu tidak mustahil jika bahan-bahan organik tersebut lebih cepat diurai untuk kemudian dapat menyuburkan tanah.

Mempercepat Proses Fermentasi Pupuk Organik Padat dan Cair

manfaat molasses untuk pertanian

Inilah kenapa hampir semua produk starter seperti EM4 menyarankan agar menggunakan yang namanya molasses. Dalam proses fermentasi pakan maupun pupuk, tetes tebu bisa memicu perkembangan dan aktifitas mikroba (effective microorganism) starter untuk melakukan fermentasi bahan organik sehingga prosesnya akan jauh lebih cepat dibanding tanpa molasses.

Referensi:
1. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318719.php#what-is-molasses
2. https://www.southernliving.com/sweeteners/molasses/what-is-molasses
3. https://www.nutritionvalue.org/Molasses_nutritional_value.html

Related articles

menanam kencur di polybag

Menanam Kencur Di Polybag Memanfaatkan Lahan Sempit

Menanam kencur di polybag merupakan cara praktis dan juga efisien bagi anda yang memiliki keterbatasan lahan. Kencur adalah komoditas bernilai tinggi dengan kebutuhan pasar yang sangat banyak. Berapapun kapasitas yang anda produksi pasti bisa laku terjual, meskipun hanya sekilo. Harga kencur di pasaran cenderung stabil dan bahkan banyak naiknya. 1 kg kencur bisa tembus hingga […]

merawat tanaman indoor

Tips Cerdas Merawat Tanaman Indoor Agar Tetap Menarik

Di posting sebelumnya kita sudah membahas tentang tanaman apa saja yang bisa ditanam secara indoor, diantaranya sangat cantik di taruh di atas meja. Lainnya bisa ditempatkan di sudut rumah, di samping tempat tidur, atau bahkan di sudut ruang tamu. Nah, untuk merawat tanaman hias indoor seperti yang dicontohkan dalam artikel tersebut diperlukan tips dan trik […]

1 Komentar

Tinggalkan Balasan