Greenify Your Life

Kulit Pinus untuk Media Tanam Anggrek: Kelebihan dan Kekurangannnya

kulit pinus untuk media tanam anggrek

Kulit pinus untuk media tanam anggrek sudah diaplikasikan sejak lama. Kulit pinus memiliki keunggulan tersendiri sebagai media tanam anggrek selain yang sudah umum kita jumpai seperti pakis cacah, sabut kelapa, batang kayu maupun arang. Kulit pinus biasanya didapat dari limbah perkebunan pinus. Pohon yang sudah tidak produktif dan sudah tua biasanya akan diremajakan dan disitulah kulit pinus menjadi limbah karena yang dimanfaatkan hanya kayunya saja setelah tidak menghasilkan getah. Dengan alasan itu pula maka ketersediaan kulit pinus selalu melimpah.

Sebagai orang awam terkadang sempat berfikir ketika ingin menggunakan kulit pinus untuk media tanam anggrek karena ada getahnya. Nah, pendapat tersebut ternyata tidak benar karena getah pinus bukan berasal dari kulit luarnya akan tetapi dari daging kayunya. Jikalaupun ada getah yang menempel pada kulitnya itu merupakan sisa-sisa dari penyadapan dan harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai media tanam. Getah ini mengandung zat-zat berbahaya bagi pertumbuhan anggrek seperti asam resin.

loading...

Ketakutan Awal Memakai Kulit Pinus untuk Media Tanam Anggrek

  • Apakah kulit pinus mengandung senyawa berbahaya jika digunakan untuk media tanam anggrek?
  • Baca dari berbagai sumber banyak yang mengatakan bahwa kulit pinus mengandung beberapa senyawa organik seperti tanin, alkaloid, dan lain sebagainya. Lantas apakah senyawa-senyawa tersebut membahayakan bagi anggrek?

Jawabannya bisa saja. Akan tetapi perlu juga diketahui bahwa dari banyak penelitian tidak ada yang mengatakan bahwa senyawa-senyawa tersebut berakibat fatal terhadap tumbuh kembang tanaman anggrek. Hasil praktik selama bertahun-tahun membuktikan bahwa kulit pinus sangat aman digunakan, dengan satu catatan: jangan sampai ada sisa getah yang menempel meski sedikit karena membahayakan bagi akar.

Kelebihan dan Kekurangan Kulit Pinus untuk Media Tanam Anggrek

Beberapa kelebihan kulit pinus sebagai media tanam anggrek adalah:

  • Kulit pinus memiliki tekstur keras dan tidak mudah terdekomposisi meski terkena air berulang-ulang. Keawetan inilah kelebihan utama yang dimiliki oleh kulit pinus, karena salah satu syarat media tanam anggrek yang berkualitas adalah yang awet (tidak mudah lapuk).
  • Kulit pinus secara alami tidak mengandung banyak nutrisi sehingga tidak mudah ditumbuhi cendawan.
  • Kulit pinus bisa diolah menjadi bentuk yang homogen sehingga bisa diaplikasikan sebagai media tanam tunggal maupun campuran.
  • Bisa dicampur dengan media tanam lainnya seperti coconut husk chips, arang maupun pakis cacah.
  • Tidak menyimpan banyak air
  • Bisa langsung digunakan tanpa proses sterilisasi gulma setelah dicuci bersih (tidak seperti moss hutan ataupun pakis cacah yang sudah bisa dipastikan membawa benih gulma).

Selain memiliki kelebihan seperti yang disebutkan di atas, kulit pinus juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

  • Kurang mampu menjaga kelembapan di daerah perakaran (Jika digunakan sebagai media tanam tunggal terutama untuk jenis anggrek yang butuh media agak lembab seperti genus Bulbophyllum, Paphiopedilum, dan Phalaenopsis).
  • Karena berasal dari limbah produksi getah pinus, maka perlu teliti untuk memastikan tidak ada getah yang menempel.

Tahukah Anda?

Ada 2 jenis produk populer dari olahan kulit pinus untuk media tanam anggrek. Pertama adalah kulit pinus cacah (pine bark nuggets) dan kedua adalah kulit pinus bentuk papan (slab). Pine bark nuggets biasa digunakan sebagai media isian pot. Pine bark slab biasa digunakan untuk menanam anggrek model gantung dan tempel. Kalau anda baru tahu, kulit pinus juga sangat populer di seluruh dunia sebagai media tanam anggrek.

Jika dirasa artikel ini cukup menarik dan membantu, please leave comments, jangan lupa tanggapanya ya. Like & share ke temen juga boleh kok.

Related articles

Jenis-Jenis Anggrek Dendrobium Spesies Berdasarkan Section-nya

Jenis-jenis anggrek Dendrobium spesies yang telah teridentifikasi jumlanya mencapai ribuan. Dendrobium (baca: den-DROH-bee-um) bisa dikatakan sebagai salah satu marga Orchidaceae yang paling kaya sehingga sangat terkenal di jagad per-anggrek-an. Karena saking banyaknya perlu diadakan pengelompokan supaya lebih mudah dalam mengenali jenis anggrek Dendrobium. Nah, pengelompokan ini dalam ilmu botani disebut sebagai Taksonomi. Yang ingin saya […]

kesalahan dalam memupuk anggrek

Hindari 7 Kesalahan Dalam Memupuk Anggrek Berikut Ini

Kesalahan dalam memupuk anggrek kerap dialami oleh yang baru memelihara tanaman hias eksotis ini. Kesalahan dalam memupuk bisa berakibat buruk terhadap pertumbuhan anggrek, yang seharusnya bisa memberikan bonus bunga yang cantik, yang terjadi malah hanya menunggu dan terus menunggu. Soal penyediaan nutrisi terhadap anggrek ternyata sama sekali berbeda dengan penyediaan nutrisi terhadap tanaman terestris seperti […]

Tinggalkan Balasan