Greenify Your Life

Jenis Teh Herbal Enak, Relaxing dan Kaya Manfaat

jenis teh herbal

Istilah teh herbal lebih populer di negara-negara barat, sementara kita menyebut sebagian besar dari minuman tersebut sebagai minuman herbal saja. Dan dari berbagai jenis teh herbal yang ada, ternyata sebagian besar bahan-bahannya bisa kita dapatkan dengan mudah sehingga kita bisa membuatnya kapan saja.

Nah, yang harus kita bedakan pertama-tama adalah istilah teh dan teh herbal itu sendiri. Jenis-jenis teh seperti teh hitam, teh kuning dan teh hijau adalah minuman yang memang terbuat dari tumbuhan teh (Camellia sinensis). Beda dengan teh herbal. Teh herbal adalah istilah yang digunakan untuk menyebut berbagai-macam minuman yang terbuat dari tanaman / bagian tanaman dengan cara perebusan sederhana.

loading...

Berikut beberapa jenis teh herbal yang bisa disajikan sebagai alternatif pengganti hobi ‘ngeteh’ yang juga memiliki efek relaxing bagi tubuh.

Jenis Teh Herbal Untuk Menemani Saat Santai

Teh Herbal Sereh

Godokan sereh (lemongrass) adalah salah satu jenis teh herbal yang banyak digemari oleh kaum hawa karena beberapa senyawa dalam tumbuhan sereh mampu mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi. Selain itu, sereh juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Terlebih lagi, aroma wangi khasnya bisa jadi alternatif mood booster dikala badan terasa letih.

Oh ya pada praktiknya sereh bisa dikombinasikan bersama empon-empon atau bahan herbal lainnya, semisal sereh jahe, sereh madu dan sereh kunyit.

Teh Herbal Cinnamon

Minuman dari godokan kayu manis memiliki cita-rasa unik plus mengandung segudang manfaat herbal. Kayu manis bisa dibuat minuman dengan atau tanpa campuran. Contoh minuman herbal tradisional populer yang selalu pakai kayu manis adalah wedang uwuh.

Teh Bunga Lawang

Memang tidak sepopuler jenis teh herbal lain, tapi teh bunga lawang ini sangat enak, aromanya cukup kuat. Di jawa teh bunga lawang lebih akrab disebut dengan wedang pekak. Di China bunga pekak adalah salah satu rempah yang wajib hadir di menu tradisional mereka. Seduhan bunga lawang konon mampu menyembuhkan batuk.

Teh Secang

Tumbuhan semak penuh duri itu ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mood booster, selain juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Seduhan teh herbal secang murni berwarna merah bata hingga merah kekuningan, tidak berasa dan tidak beraroma. Zat merah ini meskipun sering dipakai untuk pewarna alami, tapi sama sekali tidak membahayakan bagi tubuh.

Bagian tanaman yang diambil untuk dijadikan minuman adalah batang, terutama yang sudah tua. Paling bagus adalah bagian galih batang (heart wood). Semakin tua maka warna seduhannya semakin merah.

Teh Bunga Rosella

Rosella merupakan tanaman yang masih satu genus dengan bunga sepatu (Hibiscus). Selain cantik digunakan sebagai penghias halaman, bunga rosella juga bisa dipetik kapan saja untuk dijadikan teh, tentunya harus dikeringkan terlebih dahulu.

Teh Herbal Mentha (Mint)

Tanaman satu ini sudah sangat populer di negara kita. Kita tidak perlu membeli ekstrak daun mint untuk bisa merasakannya setiap hari. Cukup beli bibitnya dan tanaman di pekarangan rumah. Tanaman mint sangat mudah dibudidayakan dan langsung bisa diseduh jadi teh mint tanpa proses yang rumit. Cukup ambil daun mint segar dan seduh. Oh ya, manfaat teh herbal daun mint cukup ampuh menghalau kegalauan (mood booster).

Teh Kulit Lemon

Hmmm… jenis teh herbal yang cukup unik! Meskipun agak aneh, tapi kandungan vitamin C yang terdapat pada kulit jeruk masih cukup melimpah. Sayang kalau dibuang. Yang pasti kulit lemon harus dicuci bersih untuk antisipasi residu pestisida yang kemungkinan masih ada.

Related articles

cara membuat rebung kering

Cara Membuat Rebung Kering Kenyal Seperti Daging

Cara membuat rebung kering ala Jawa Timuran ini bisa dibilang cukup sederhana dan tidak membutuhkan alat khusus. Bagi anda yang tertarik usaha rebung kering, cara ini cukup bisa diandalkan, karena daya simpanya mampu mencapai satu tahun lebih dan tetap bisa mekar (mengembang) saat dimasak. Teksturnya mirip daging sapi! Kami persilahkan juga bagi anda yang kepingin […]

resep puding kelor

Resep Puding Kelor Sederhana Enak Menyehatkan

Moringa oleifera termasuk dalam daftar tanaman herbal yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Cukup menggembirakan karena tanaman satu ini bisa kita temui dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia. Berikut ini adalah diantara fakta mengejutkan tentang nilai nutrisi yang terkandung dalam daun kelor sehingga WHO pun menobatkan tanaman ini sebagai tanaman ajaib: Memiliki […]

Tinggalkan Balasan