Greenify Your Life

Jenis Tanaman Alocasia Daun Paling Eksotis Ini Diantaranya

jenis tanaman alocasia

Pernah dengar tanaman alokasia? Ya, tanaman yang akrab disebut sebagai sente oleh orang jawa itu beberapa diantaranya sangat eksotis. Dulu yang sempat geger dan harganya sempat melambung tinggi diluar nalar adalah sente hitam. Sekarang harganya sudah mulai stabil dan masih tetap eksotis.

Bagi anda yang ingin mengenal lebih dalam tentang tanaman alokasia, berikut adalah hal-hal menarik serta beberapa jenis tanaman alocasia yang memiliki daun paling eksotis. Anda wajib tahu!

loading...

Kebingungan Antara Alocasia Vs Colocasia Vs Xanthosoma

Sebenarnya kebingungan itu sering muncul tak hanya ketika membedakan tanaman yang termasuk dalam genus alocasia dan colocasia, terlebih dari itu, lebih tepatnya untuk tanaman yang termasuk dalam famili Araceae berdaun lebar atau yang lebih akrab dengan sebutan tanaman kuping gajah / Elephant ear seperti caladium dan xanthosoma.

Untuk jenis caladium (tanaman keladi) mungkin lebih mudah dikenali, karena sudah sangat populer. Tapi untuk jenis alocasia, colocasia dan xanthosoma mungkin agak sulit dibedakan karena memang mirip (posturnya besar, bisa tumbuh tinggi, serta daun super lebar) dan kurang populer bagi konsumen umum.

Agar tidak bingung kenali ciri-cirinya berikut ini.

Alocasia: 

  • Daun alocasia cenderung terlihat berdiri meskipun pada posisi horizontal
  • Ujung daun alocasia sedikit atau banyak pasti menghadap ke atas
  • Alocasia butuh media porous dan suka lingkungan teduh
  • Umbi alocasia cenderung kecil memanjang

Colocasia:

  • Daun colocasia cenderung terlihat terkulai ke bawah jika dilihat dari posisi horizontal
  • Ujung daun colocasia cenderung menghadap ke bawah
  • Colocasia suka tempat terang (full sun) yang memiliki banyak air
  • Umbi colocasia cenderung besar dan gendut

Xanthosoma:

  • Secara umum daunnya lebar berbentuk panah, bagian atas ada lapisan lilin dan bagian bawah terdapat rusuk daun yang lumayan tebal.
  • Ujung daun menghadap ke bawah seperti colocasia

Beberapa Jenis Tanaman Alocasia Yang Memiliki Daun Eksotis

Alocasia macrorrhiza new guinea gold
Dokumentasi hijao.com – Alocasia macrorrhiza new guinea gold

#1 Alocasia macrorrhiza new guinea gold

Dilihat dari kelangkaanya, tanaman ini masih cukup langka. Tanaman dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 2 meter dengan daun yang sangat lebar. Daun bagian atas mengkilap hijau selambur kuning. Tangkai daun berwarna kuning. Tumbuh subur di media porous dan butuh naungan.

Untuk harganya tanaman daun ini masih terbilang mahal, karena memang eksotis. Sangat bagus ditanam sebagai focal point taman dan juga tanaman indoor.

#2 Alocasia macrorrhiza variegata

Lebih dulu populer dibanding jenis new guinea gold. Mudah didapatkan di tukang kebun dengan harga yang lumayan ekonomis. Keunikan dari alocasia macrorrhiza variegata adalah warna selambur putih yang ada pada daun. Sementara batangnya berwarna hijau cerah. Untuk mendapatkan warna putih (variegata) yang maksimal, pastikan tanaman mendapatkan pencahayaan cukup, meskipun dilingkungan teduh.

#3 Alocasia sanderiana

Masyarakat umum sering salah kaprah menggolongkan tanaman satu ini sehingga biasa dijual dengan nama keladi tengkorak. Padahal ia bukan termasuk dalam genus caladium, akan tetapi masuk ke dalam genus alocasia.

Dilihat dari polularitasnya, alocasia sanderiana adalah jenis tanaman alocasia paling populer. Warna daun hijau keunguan dengan gurat tulang daun di bagian atas berwarna hijau muda hingga putih dan sangat mencolok. Alocasia sanderiana sangat diminati sebagai tanaman indoor meski juga cukup kuat diletakkan di lingkungan luar dengan pencahayaan penuh.

#4 Alocasia baginda ‘Silver Dragon’

Bagi yang suka alocasia berbatang pendek namun daunnya lebar ada alocasia silver dragon. Posturnya kelihatan gemuk dengan kontras warna daun silver kehijauan dan guratan hijau pekat pada tulang daun. Pemula harap hati-hati ya ketika memelihara silver dragon, karena cukup sensitif dengan cahaya matahari dan endapan air pada pot. Taruh di dalam rumah atau teras rumah yang masih terkena cahaya matahari ketika siang. Media yang dipakai harus cepet kering dan tidak boleh mengendapkan air terlalu lama.

#5 Alocasia reginula ‘Black Velvet’

Bagi pecinta warna gelap, alocasia reginula black velvet sudah pasti jadi incaran. Tanaman ini dikenal juga dengan nama alocasia jauhar alias permata.  Postunya mirip baginda silver dragon, batang pendek daun lebar. Suka tempat teduh dan media tanam yang cepet kering.

#6 Alocasia odora

Daunnya lebar dan batangnya cukup tinggi. Pada tanaman dewasa umbi alocasia odora juga bisa tumbuh memanjang sehingga tampak menjulang di atas permukaan tanah. Salah satu keunikan dari alocasia odora adalah bunga beraroma harum terlebih di malam hari.

#7 Alocasia robusta

Alocasia robusta masuk dalam daftar tanaman daun paling dicari oleh dunia. Menariknya lagi, tanaman satu ini merupakan spesies asli borneo, meskipun keberadaanya sekarang mulai sulit dijumpai. Keunikannya satu, yaitu ukuran tanaman yang menyerupai raksasa.

#8 Alocasia cuprea ‘Red Secret’

Sesuai dengan namanya ‘red’secret’, alocasia satu ini memiliki gradasi warna daun yang cukup unik, yaitu khas mengkilat perunggu. Daunnya berbentuk oval dan terkesan agak sedikit tebal.

#9 Alocasia plumbea (sente hitam)

Ini yang pernah jadi buronan kolektor di masanya. Meski postur dan warnanya tak seindah jenis alocasia lain, rupanya ada beberapa kepercayaan mistis yang melekat pada tanaman ini sehingga sempat dicari oleh banyak orang. Konon katanya sente hitam bisa jadi penolak kekuatan jahat.

#10 Alocasia reginae

Dilihat dari posturnya, alocasia reginae adalah salah satu jenis alocasia mini dengan lebar daun tidak lebih dari bentangan jari orang dewasa. Meskipun kecil tapi cabe rawit. Menurut kami ada dua keunikan dari tanaman ini yaitu warna daun gelap serta susunan daun yang menyerupai bunga mawar (rosette).

Itulah beberpa jenis tanaman alocasia yang menurut kami memiliki daun paling eksotis sehingga menjadi buruan banyak orang. Semoga menginspirasi!

Related articles

20 Tanaman Hias Berdaun Merah dan Tantangan Perawatanya

Tanaman hias berdaun merah mampu ciptakan nuansa pekarangan rumah jadi ceria. Nah, bagi anda yang sedang bingung pilih-pilih tanaman hias berdaun merah, kami punya daftarnya yang dapat anda jadikan referensi sebelum mengunjungi florist langganan. Diantara banyaknya pilihan, berikut kami mencoba menyuguhkan tanaman hias berdaun merah yang paling populer. Agar tambah mantab, kami juga punya tips […]

Bunga hoya

Menanam Bunga Hoya: Keindahan, Keunikan dan Tips Perawatan

Kali pertama mengenal tanaman bunga Hoya langsung kepincut dengan keindahan plus keunikannya. Saya sendiri kurang begitu mendalami mengenai jumlah spesies tanaman hias yang satu ini mengingat yang saat ini dipelihara hanya beberapa jenis saja. Dengar-dengar dari kawan dan berdasarkan informasi di dunia maya, Hoya memiliki ratusan spesies tersebar di berbagai wilayah tropis khususnya Asia. Indonesia […]

Tinggalkan Balasan