Greenify Your Life

Jenis Pupuk Growmore Paling Populer dan Kegunaanya

jenis-jenis pupuk growmore

Jenis pupuk Growmore yang paling populer di Indonesia adalah konsentrasi NPK 20-20-20, NPK 32-10-10, NPK 10-55-10 dan NPK 6-30-30. Selain dari pada itu sebenarnya masih ada banyak formula yang dikeluarkan oleh Growmore tapi disini kurang populer.

jenis pupuk growmore

Oh ya, Growmore itu sendiri adalah jenis pupuk daun majemuk yang memiliki formulasi bermacam-macam. Ada yang komplit dengan kandungan unsur hara makro dan mikro. Ada juga yang ditujukan untuk menangani defisiensi khusus pada tanaman misalnya pupuk Growmore extra sulfur dan magnesium yang ditujukan untuk mengatasi defisiensi sulfur pada daerah yang memiliki curah hujan sangat tinggi. Curah hujan yang tinggi dan irigasi yang berlebihan bisa mengakibatkan terkikisnya unsur sulfur pada tanah yang bisa mengakibatkan tanaman menjadi kerdil.

loading...

Kelebihannya, semua pupuk Growmore sudah diformulasikan dengan penambahan unsur hara mikro seperti iron, zinc, manganese, copper, boron, dan molybdenum. Dengan standarisasi tersebut bisa dibilang Growmore termasuk pupuk kualitas bagus. Pupuk ini paling laris digunakan oleh pembudidaya tanaman hias maupun buah termasuk anggrek. Selain itu pupuk Growmore juga diaplikasikan pada tanaman palawija, sayur mayur, padi, tanaman perkebunan dan lain sebagainya.

Kelebihan lain pupuk Growmore diantaranya adalah:

  • Memiliki solubilitas tinggi dan tidak meninggalkan endapan
  • Memiliki kompatibilitas terhadap hampir semua jenis fungisida dan insektisida sehingga aman untuk di mix. Hemat waktu dan tenaga.
  • Aman untuk segala jenis tanaman
  • Memiliki unsur hara mikro komplit

Dari berbagai jenis pupuk Growmore yang populer di Indonesia, sudahkah anda tahu kegunaanya masing-masing? Atau masih awam sama sekali? Kalau masih belum tahu simak penjelasan kami ya.

Growmore 20-20-20

Sesuai dengan namanya, Growmore 20-20-20 merupakan pupuk yang 100% bisa larut di dalam air yang memiliki formula zat hara nitrogen 20%, phosphorous 20% dan potassium 20%. Kandungan lainnya adalah unsur hara mikro lengkap. Formula Growmore 20-20-20 ditujukan untuk keperluan pemupukan umum dan bisa diaplikasikan pada semua tahap pertumbuhan tanaman mulai dari usia bibit hingga tanaman dewasa baik pada masa vegetatif maupun generatif.

Pemberian ½ dosis secara rutin (10-hari sekali sepanjang tahun) bisa meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit dan hama. Untuk jenis ini sangat efektif diaplikasikan baik dengan sistem semprot maupun kocor.

Growmore 32-10-10

Formula ini memiliki kandungan nitrogen yang sangat tinggi yang tetap diimbangi dengan jumlah phosphorous dan potassium serta unsur hara mikro yang cukup. Jadi, anda bisa mengaplikasikan pupuk jenis ini secara rutin sepanjang tahun untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen, terutama jika daun merupakan harapan hasil panen yang akan diutamakan. Untuk pemakaiannya Growmore 32-10-10 lebih efektif jika dengan sistem spray/semprot pada bagian daun.

Growmore 10-55-10 (Pembibitan)

Beberapa manfaat spesifik yang umum dikaitkan terhadap ketersediaan hara phophorous yang cukup diantaranya adalah mempercepat pertumbuhan akar, memperkuat batang dan mendorong tumbuhnya tunas baru yang sehat.

Melihat formulasinya, jenis pupuk ini sangat tepat digunakan untuk mengatasi defisiensi unsur fosfor pada semua jenis tanaman khususnya pada sayuran.  Kalau tidak ada gejala defisiensi fosfor, lebih disarankan untuk memakai pupuk dengan formula seimbang.

Selain itu anda juga bisa memanfaatkan pupuk ini pada waktu pembibitan (pada saat stek, pemindahan bibit dan setelah penanaman bibit) untuk mempercepat pertumbuhan akar dan tunas serta mengurangi angka kematian. Kita tahu bahwa sistem perakaran yang bagus adalah harapan semua orang ketika melakukan pembibitan.

Lantas apakah benar pupuk Growmore dengan formula 10-55-10 dapat merangsang pembentukan bunga dan buah? Jawabannya bisa iya bisa tidak tergantung pada kondisi tanaman itu sendiri. Kalau ketersediaan fosfor pada tanaman sudah lebih dari cukup (tidak ada gejala defisiensi), jika diberi pupuk ini maka yang terjadi adalah overdosis dan berdampak buruk bagi tanaman. Intinya semua tanaman butuh nutrisi seimbang sesuai dosisnya masing-masing – tidak boleh memberi asupan berlebih apalagi hanya satu unsur hara saja.

Growmore 6-30-30 (Pupuk Fase Generatif Bunga / Buah)

Pada saat masuk dalam fase generatif (pembentukan bunga dan buah) tanaman membutuhkan unsur fosfor dan kalium tinggi. Dengan tercukupinya unsur tersebut diharapkan bunga atau buah yang dihasilkan bisa maksimal. Nah, pada masa inilah anda bisa mengaplikasikan jenis pupuk Growmore 6-30-30.

Nah, sekarang sudah jelas kan mana yang harus dipakai?

Related articles

kesalahan dalam memupuk anggrek

Hindari 7 Kesalahan Dalam Memupuk Anggrek Berikut Ini

Kesalahan dalam memupuk anggrek kerap dialami oleh yang baru memelihara tanaman hias eksotis ini. Kesalahan dalam memupuk bisa berakibat buruk terhadap pertumbuhan anggrek, yang seharusnya bisa memberikan bonus bunga yang cantik, yang terjadi malah hanya menunggu dan terus menunggu. Soal penyediaan nutrisi terhadap anggrek ternyata sama sekali berbeda dengan penyediaan nutrisi terhadap tanaman terestris seperti […]

1 Komentar

Tinggalkan Balasan