Greenify Your Life

Fakta Menarik Tanaman Hibiscus: Dari Semir Sepatu Hingga Teh

fakta menarik tanaman hibiscus

Mau tahu fakta menarik tanaman Hibiscus yang banyak kita jumpai di lingkungan kita itu? Berikut hal-hal menarik yang dapat kita pelajari dari tanaman Hibiscus, tak hanya kembang sepatu tapi juga spesies Hibiscus lainnya.

#1 Nama Hibiscus dalam Klasifikasi Tumbuhan

Hibiscus merupakan genus tanaman berbunga yang tercakup dalam keluarga tanaman kapas-kapasan (Mallow). Di kalangan masyarakat umum Hibiscus lebih akrab dengan sebutan kembang sepatu / bunga sepatu. Meskipun demikian, istilah kembang sepatu atau bunga sepatu seperti yang sudah akrab di telinga, faktanya merujuk kepada salah satu spesies tanaman dari genus Hibiscus, yaitu Hibiscus rosa-sinensis alias kembang ‘mawar-nya China’: China rose. Ada spesies Hibiscus lain yang tak kalah populer, 3 diantaranya adalah:

loading...
  • Pohon waru gombong (Hibiscus similis)
  • Pohon waru laut (Hibiscus tiliaceus)
  • Bunga rosela (Hibiscus sabdariffa)

Jadi kalau pas kita beli bunga terus ditawari kembang Hibiscus, maksudnya itu adalah Hibiscus rosa-sinensis, bukan H. sabdariffa apalagi H. similis 😜.

#2 Fakta Menarik Tanaman Hibiscus rosa-sinensis Hingga Disebut Kembang Sepatu

Banyak literatur menyebut bahwa tradisi Cina sering memakai bunga kembang sepatu sebagai semir sepatu alami. Tidak percaya? Banyak kok youtuber yang buat demo dan hasilnya kinclong juga. Nah, penamaan kembang sepatu di negara kita mungkin terinspirasi dari tradisi itu juga. Di barat Hibiscus rosa-sinensis ini disebut sebagai tanaman Shoeblackplant – gabungan antara kata shoe berarti sepatu, black berarti hitam dan plant berarti tanaman. Benarkah artinya tanaman sepatu hitam??? Atau mungkin tanaman untuk menghitamkan sepatu?

#3 Yang Sering Kita Minum Itu Ternyata Juga Hibiscus

Fakta menarik tanaman Hibiscus lain sebagaimana dimuat di banyak artikel adalah bisa dibuat sebagai teh. Benarkah? Kalau yang jenis Hibiscus sabdariffa memang iya karena rasanya enak dan manfaatnya banyak. Ya itu teh rosela. Tapi kalau yang jenis Hibiscus rosa-sinensis? Mungkin tidak ya bisa buat nge-teh? Sepertinya bisa juga dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Perlu dicoba juga bagian yang menonjol pada bunga (pangkal pollen) pada kembang sepatu jika dikecap juga ada rasa manis-manisnya.

#4 Hibiscus rosa-sinensis Jadi Bunga Nasional-nya Negara Malaysia

Jika negara Indonesia punya anggrek Phalaenopsis amabilis sebagai bunga nasional, maka negara Malaysia punya Hibiscus rosa-sinensis dengan sebutan Bunga Raya.

#5 Kulit Hingga Kayu Hibiscus similis Punya Nilai Ekonomi Tinggi

Hibiscus similis atau yang dikenal dengan nama pohon waru gombong / waru gunung ternyata sekarang mulai dibudidayakan sebagai pohon penghijauan. Selain bentuk kayu yang lurus, pertumbuhan tanaman ini tergolong cepat. Terlebih lagi, kulit kayu waru gombong / waru gunung sangat kuat sehingga bisa dijadikan sebagai tali.

#6 Banyak Kultivar dan Hibiscus rosa-sinensis Hibrid

Di jaman yang serba canggih ini kita bisa menikmati keindahan bunga sepatu dalam berbagai macam corak warna dan bentuk bunga. Ada bunga susun satu hingga bunga bersusun-susun. Dari keunikan daun, ada kembang sepatu berdaun hijau, merah dan variegata. Semua itu adalah produk dari persilangan ataupun pemuliaan tanaman.

#7 Hibiscus rosa-sinensis Sangat Mudah Dibudidayakan

Ibaratnya kita tinggal potong bagian batang dan tancapkan ke dalam tanah, sudah tumbuh tanaman baru. Semudah itu cara menanam bunga sepatu.

#8 Tes Tingkat Keasaman (pH) Air / Larutan Dengan Bunga Hibiscus rosa-sinensis

Sangat beruntung bagi anda yang memiliki tanaman ini di pekarangan rumah, karena rupanya bunga sepatu bisa dijadikan sebagai alat pengukur keasaman (pH) larutan atau air. Caranya sangat mudah. Masukkan bunga sepatu ke dalam air atau larutan. Jika air atau larutan tersebut berubah warna menjadi pink pekat maka air atau larutan tersebut bersifat asam (pH di bawah 7). Tapi jika air rendaman tersebut berubah warna menjadi hijau, maka air / larutan tersebut bersifat netral (pH 7).

Itulah beberapa fakta menarik tanaman Hibiscus yang sangat  mengagumkan. Selebihnya semua itu cukup menambah wawasan bahwa semua yang diciptakan Tuhan tidaklah sia-sia.

Related articles

fakta menarik bunga matahari

Fakta Menarik Bunga Matahari: Keindahan, Makna dan Simbolisme

Waw, kalau membahas tentang bunga matahari, yang ada di benak kita pasti keindahan dan keindahan.  Banyak dari kita mencari arti bunga matahari, simbolisme, makna dan berbagai fakta menarik bunga matahari lainnya. Selain cantik untuk ditanam di pekarangan rumah, bunga matahari juga jadi primadona di kalangan para florist. Buket bunga matahari banyak dipilih sebagai bentuk ungkapan […]

Tinggalkan Balasan