Greenify Your Life

Fakta Menarik Bunga Matahari: Keindahan, Makna dan Simbolisme

fakta menarik bunga matahari

Waw, kalau membahas tentang bunga matahari, yang ada di benak kita pasti keindahan dan keindahan.  Banyak dari kita mencari arti bunga matahari, simbolisme, makna dan berbagai fakta menarik bunga matahari lainnya. Selain cantik untuk ditanam di pekarangan rumah, bunga matahari juga jadi primadona di kalangan para florist. Buket bunga matahari banyak dipilih sebagai bentuk ungkapan atas perasaan mendalam yang sulit diucapkan dengan kata-kata.

Kita intip dulu asal-usul namanya di dalam dunia botani maupun di dunia mitologi.

loading...

Asal-Usul Nama Bunga Matahari

Bunga matahari secara umum masuk dalam genus Helianthus. Yang paling populer di masyarakat adalah spesies bunga besar dengan nama Helianthus annuus. Yang menarik dari penamaan ini adalah kata Helianthus itu sendiri yang terdiri dari dua suku kata Yunani, Helios berarti matahari dan anthos yang berarti bunga.

Nah, kalau bicara tentang kata-kata Yunani acapkali dihubung-hubungkan dengan kisah mitos alias mitologi Yunani. Yaitu mitologi terkait Clytie Si peri air dan Apollo. Kisahnya ada beberapa versi dan yang paling umum adalah sebagai berikut, singkat saja.

Dikisahkan bahwa Clytie atau Clytia kala itu jatuh cinta berat dengan Apollo. Sayangnya Apollo sudah memilih wanita lain bernama Leucothoe. Akibat cinta tak sampai akhirnya sang peri memilih menjadi bunga matahari agar selalu bisa mengikuti kekasihnya Apollo (the Sun God). Meski cinta ditolak, Clytie masih tetap setia mencintai sang Apollo.

Kisah inilah yang juga menjadi penasaran banyak orang kalau bunga matahari selalu bergerak mengikuti arah matahari. Nah, soal gerakan ini memang ada penjelasan ilmiahnya. Baca sampai tuntas ya.

Bunga Matahari Selalu Mengikuti Arah Matahari Dari Terbit Hingga Terbenam

Sadarkah kita bahwa bunga matahari memiliki kebiasaan mengikuti arah matahari? Dalam ilmu botani perilaku ini dinamakan sebagai heliotropik, yaitu sifat natural dari bagian tanaman tertentu seperti bunga dan daun yang selalu tumbuh ke arah matahari. Bunga matahari adalah salah satunya. Jadi posisi bunga matahari di pagi hari pasti menghadap ke arah timur, dan di sore hari menghadap ke barat. Di malam hari, posisinya tidak menentu dan kembali lagi menghadap ke timur esok paginya.

Perlu dicatat bahwa perilaku heliotropik ini berlaku hanya ketika bunga masih berbentuk kuncup. Kalau sudah mekar perilaku ini juga hilang.

Tanaman Hias Juga Tanaman Pangan

Fakta menarik bunga matahari selanjutnya bisa dilihat dari sisi estetis dan juga sebagai tanaman pangan. Bunga matahari merupakan komoditi tanaman hias abadi yang tak pernah pudar oleh trend pasar. Ketika ditanam di lahan pertanian, tanaman ini adalah penghasil komoditas pangan dari bijinya secara langsung maupun tidak langsung. Secara tidak langsung, ada banyak produk yang dihasilkan, mulai dari minyak goreng hingga kosmetik.

Untuk asupan gizi, tentu kita semua sudah hafal atas kandungan apa yang paling banyak disuguhkan oleh kuaci / biji bunga matahari, vitamin E!

Limbah yang Dihasilkannya-pun Bermanfaat

Banyak penelitian yang telah mengkaji terkait limbah tanaman bunga matahari. Limbah tersebut jika sudah terurai dan menjadi kompos, memiliki unsur hara makro dan mikro yang sangat tinggi sehingga mampu menjaga kesuburan tanah.

Yang paling diuntungkan disini tentunya adalah petani bunga matahari, karena mereka sebenarnya bisa menghemat pupuk NPK hingga 50%.

Simbol Kekuatan, Cinta Mendalam dan Kesetiaan

Melihat sejarahnya, mitosnya, habitatnya, bentuk bunganya, karakter pohon dan akarnya, warna bunganya, dan bagian-bagian keindahan lainnya, tak heran jika bunga matahari menjadi simbol-simbol tertentu yang memiliki makna dalam.

Orang Cina menghubungkan karakter bunga matahari sebagai simbol umur panjang, nasib baik, dan vitalitas. Orang asli Amerika menganggap bahwa bunga matahari adalah simbol kesejahteraan. Secara umum di berbagai belahan dunia, bunga matahari adalah gambaran cinta yang mendalam (mungkin karena kesetiaanya mengikuti arah matahari ketika masih kuncup atau juga karena pengaruh mitologi Clytia dan Apollo), kesetiaan dan juga simbol kekuatan (karna tanaman ini memiliki kemampuan hidup yang luar biasa bahkan di lingkungan ekstrim).

Tak heran bunga ini kerap jadi pilihan kado istimewa sebagai hadiah untuk seseorang yang kita cintai. Keindahannya cukup mewakili kata-kata paling indah sekalipun.

Simbol Perdamaian dan Harapan Dunia!

Kembali di tahun 1996, sebagai pengharapan terbesar dunia terbebas dari perang nuklir, bunga matahari dipilih sebagai simbol. Dilihat dari segi historis, mungkin ini adalah makna simbolik terpenting dari bunga matahari.

Semenjak tahun itu juga bunga matahari ditanam secara besar-besaran di daerah Ukraina, Fukushima, Hiroshima dan Chernobyl. Karena penelitian membuktikan bahwa tanaman bunga matahari mampu mengiliminasi radiasi dan zat beracun yang masih tersisa di dalam tanah akibat perang dunia kala itu.

Akhir kata, ternyata banyak sekali fakta menarik bunga matahari yang perlu kita kagumi setiap saat ketika kita memandang keindahannya.

Referensi, diolah dari berbagai sumber:
– https://www.ftd.com/blog/share/sunflower-meaning-and-symbolism
– https://www.sunflowerjoy.com/2016/04/meaning-sunflower-symbolism-spiritual.html
– Wikipedia: heliotropik
– Sumber gambar: Pixabay, dimodifikasi (simplified Pixabay license)

Related articles

fakta menarik tanaman hibiscus

Fakta Menarik Tanaman Hibiscus: Dari Semir Sepatu Hingga Teh

Mau tahu fakta menarik tanaman Hibiscus yang banyak kita jumpai di lingkungan kita itu? Berikut hal-hal menarik yang dapat kita pelajari dari tanaman Hibiscus, tak hanya kembang sepatu tapi juga spesies Hibiscus lainnya. #1 Nama Hibiscus dalam Klasifikasi Tumbuhan Hibiscus merupakan genus tanaman berbunga yang tercakup dalam keluarga tanaman kapas-kapasan (Mallow). Di kalangan masyarakat umum […]

Tinggalkan Balasan