Greenify Your Life

Contoh Tanaman Hias Buah Minim Perawatan Meski Dalam Pot

contoh tanaman hias buah

Dari sekian banyak contoh tanaman hias buah yang bisa dipilih, dalam artikel ini kita akan coba mengulas jenis tanaman yang mudah dirawat dan benar-benar bisa dirawat dalam pot entah itu pot kecil atau pot besar. Tak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan akan tanaman hias untuk setiap orang bisa berbeda-beda. Tanaman hias buah adalah segala jenis tanaman yang memiliki fungsi sebagai hiasan dan bisa menghasilkan buah yang enak dan aman dikonsumsi.

Langsung saja berikut adalah contoh tanaman hias buah yang bisa anda gunakan untuk mempercantik halaman rumah, kantor ataupun tempat-tempat lain.

loading...

Tanaman Sianci alias Barbados Cherry

Orang bonsai lebih akrab menyebut tanaman ini sebagai Cherry Barbados atau Sianci. Cherry Barbados merupakan tanaman perdu tumbuh maksimal tidak terlalu tinggi. Apalagi jika anda sering melakukan pruning untuk kemudian menata ranting-rantingnya, hasil yang didapat adalah tanaman hias yang anggun elegan. Untuk mempercantik tanaman hias Sianci tidak perlu ilmu bonsai dan anda bisa melakukan sesuka hati.

Barbados Cherry ada dua jenis yaitu yang menghasilkan buah rasa masam dan ada yang menghasilkan buah rasa manis. Keduanya memiliki karakter daun dan pohon yang sama. Buah tanaman Sianci berwarna hijau jika masih muda dan berwarna merah hingga merah tua jika sudah matang.

Selain menarik dipandang mata ternyata buah Barbados Cherry mengandung banyak nutrisi bagi tubuh, terutama Vitamin C yang jumlahnya sangat melimpah –  sangat pas untuk dipetik anak-anak.

Tanaman yang sudah dewasa dan rimbun bisa ditanam pada pot berdiameter 50 – 60 cm.

Long Mulberry (Buah Morus / Besaran / Murbei)

Tergantung ukuran tanamanya, untuk ditanam di pot kecil atau pot jumbo, long mulberry tetap saja menarik. Beda tanaman long murbei dengan murbei biasa terletak pada ukuran panjang buah. Long mulberry buahnya bisa mencapai 10 cm. Rasanya enak asam manis nano-nano.

Bibit long murbei bisanya dihasilkan dari stek pucuk. Yang dijadikan batang bawah biasanya masih tetap jenis buah murbei biasa. Para petani memilih cara ini karena stok tanaman asli long murbei sendiri masih jarang ditemui. Dan itu tidak ada masalah karena buah yang dihasilkan bisa tetap panjang.

Tanaman Bidara (Buah Bidara) dan Buah Putsa (Apel India)

Antara tanaman bidara dan putsa ternyata masih satu genus yaitu Ziziphus. Meskipun demikian keduanya memiliki perbedaan yang cukup mudah dilihat yaitu duri, daun, ukuran dan rasa buah. Bidara cenderung memiliki banyak duri dan panjang-panjang sementara tanaman apel india (putsa) memiliki lebih sedikit duri. Dilihat dari daunnya, buah putsa memiliki daun yang lebih kecil dari tanaman bidara. Sementara dari rasa dan ukuran buah, tanaman putsa memiliki buah yang lebih besar rasanya mirip jambu air (atau bahkan mirip apel) sementara itu buah bidara rasanya manis masam agak sedikit pahit.

Pada praktiknya tanaman putsa yang dijual biasa disambung pucuk dengan tanaman bidara sebagai batang bawah. Hal tersebut cukup masuk akal mengingat pertumbuhan tanaman bidara lebih cepat dari apel india (putsa).

Jeruk Nagami

Contoh tanaman hias buah lain yang bisa ditanam dalam pot, bahkan untuk ukuran tanaman dewasa adalah jeruk nagami. Ukuran pot yang dibutuhkan untuk menanam jeruk nagami dewasa adalah pot berdiameter 60 cm ke atas.

Jelas keunikan dari tanaman ini adalah buahnya. Jeruk nagami bisa langsung dimakan tanpa kupas kulit. Kembarannya adalah jeruk kimkit, tapi bentuk buah lebih menarik nagami.

Tomat Cherry

Tomat cherry memiliki buah kecil-kecil seukuran kelereng dan cukup disukai oleh anak-anak. Tidak seperti tomat besar, tomat cherry cenderung lebih mudah ditanam dan tahan terhadap penyakit. Tanaman ini terlihat sangat menarik jika ditanam dalam pot secara bergerombol. Jangan lupa untuk memberi lanjaran agar buah tidak rebah ke tanah.

Lemon

Lemon tumbuh subur baik di dataran rendah atau tinggi, yang penting tanaman ini masih kena paparan sinar matahari langsung dan mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Karakter lemon tumbuh melebar sehingga jika ditanam di pot, pastikan untuk memilih pot yang lebar pula agar terlihat semakin menarik.

Buah lemon sangat bagus untuk menjaga stamina tubuh dan juga minuman pendukung diet.

Jambu Kerikil Variegata

Yang tak kalah elok jika dipandang mata adalah jambu kerikil. Agar beda dari yang lain pastikan untuk memilih yang jenis daun variegata (ada list putih / kuning pada daun). Tanaman ini sebenarnya bisa menjulang tinggi hingga 3 meter lebih tapi itu butuh waktu yang sangat lama. Kebanyakan jika ditanam di dalam pot postur tanaman akan tetap kerdil. Uniknya jambu kerikil ini sangat rajin berbuah terutama jika ditempatkan di lingkungan panas.

Buah jambu kerikil matang berwarna kuning dan rasanya manis. Jambu kerikil butuh perawatan sangat minim, pemupukan bisa dilakukan satu bulan sekali atau lebih jarang.

Related articles

Tanaman Hias Minim Perawatan Buat yang Super Sibuk

Sesibuk apapun sebagai manusia kita pasti butuh hiburan. Memandang hijauan dan warna-warna cantik tanaman hias sudah sejak lama dilakukan untuk melepas rasa penat, letih dan lelah. Bahkan hanya dengan memandang hijauan otak kita bisa refresh sehingga tubuh menjadi fit kembali. Dengan alasan itulah kenapa banyak orang sengaja menghadirkan berbagai macam jenis tanaman sebagai hiasan sekaligus […]

tanaman gantung tahan panas

10 Ide Tanaman Gantung Tahan Panas dan Hujan

Dari sekian banyak macam tanaman gantung yang bisa anda pilih di toko bunga, mungkin hanya beberapa saja yang tergolong sebagai tanaman gantung tahan panas. Tanaman hias gantung tahan panas adalah tanaman yang mampu hidup pada lokasi dengan temperatur tinggi. Pada kategori ini biasanya ada dua kelompok yaitu tanaman yang benar-benar kuat hidup secara full sun […]

Tinggalkan Balasan