Greenify Your Life

Cara Memulai Bisnis Tanaman Secara Online Buat Pemula

Bisnis tanaman secara online akhir-akhir ini banyak dilirik mengingat prospeknya sangat cerah. Beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah trend belanja online yang semakin meningkat, didukung oleh adanya mekanisme jual-beli online yang semakin hari semakin terjamin.

bisnis tanaman secara online

Para pelaku bisnis tanaman ini memanfaatkan berbagai macam fasilitas online untuk menjual dagangannya mulai dari website ecommerce , blog, medsos, forum, group, hingga marketplace. Anda bisa menyaksikan sendiri, markeplate di Indonesia tumbuh sangat pesat dengan berbagai keunikan dan kelebihannya.

loading...

Saya menyaksikan ada banyak sekali pelaku bisnis tanaman secara online dan itu adalah peluang yang cukup menggiurkan terutama bagi anda yang punya passion terhadap tanaman.

Tanaman apa saja yang bisa digarap?

Wow! Jangan salah! Tanaman itu buanyak sekali macamnya dan hampir semua jenis tanaman punya pangsa pasarnya sendiri-sendiri. Ingat bahwa masyarakat Indonesia secara kultur sudah menjadikan tanaman sebagai teman hidup, entah itu di halaman rumah, meja kantor, ruang makan, ruang tamu, dan bahkan di dapur dapur. Ada yang jenis buah-buahan, ada TOGA  (yang sekarang lebih dikenal sebagai HERBAL), tanaman hias, tanaman pembatas, tanaman penutup tanah, tanaman peneduh dan masih banyak lagi.

Meski ada banyak jenis tanaman yang bisa dijual secara online, tapi tetap ada batasannya ya, karena tanaman adalah barang hidup. Bisnis tanaman secara online harus dilakukan secara hati-hati agar tidak mengecewakan pelanggan.

Kriteria Tanaman yang Bisa Dijual Secara Online

Ada beberapa kriteria tanaman yang bisa dijual secara online, yaitu:

Ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu tinggi

Penting diketahui bahwa ukuran tanaman menentukan segalanya ketika dijual online. Yang paling diminati oleh konsumen adalah tanaman yang beratnya kurang dari atau sama dengan 1 kg ketika ditimbang atau yang tidak melebihi volumetrik setara 1 kg ketika diukur.

Terkecuali untuk jenis tanaman yang tergolong unik dan langka anda bisa lebih bebas dalam memasarkan. Berapapun harganya dan berapapun ongkos kirimnya tidak ada soal bagi konsumen.

Untuk memastikan ukuran dan berat tanaman anda bisa melakukan simulasi dengan cara menimbang bobot tanaman dalam keadaan sudah dipacking sekaligus menghitung volumetriknya. Jika salah memperkiraan bobot / berat volume paket, berarti anda yang tanggung kelebihan ongkos kirimnya. Harus teliti!

Memiliki Daya Tahan Pengiriman Minimal 1 Hari

Beberapa jenis tanaman hias seperti anggrek, kaktus & sukulen, dan tanaman perdu memiliki daya tahan yang bagus sehingga aman jika dikirim ke tujuan yang jauh. Tanaman seperti anggrek dan  kaktus & sukulen jika cara packingnya benar, bisa tahan hingga 10 hari di perjalanan.

Tanaman yang memiliki daya tahan lemah pun bisa dijual secara online. Caranya yaitu dengan mempersempit jangkauan pengiriman serta memilih kurir paling cepat / langsung angkut.

Bibit Tanaman Juga Punya Peminat  Tinggi

Selain tanaman yang sudah memiliki organ lengkap (akar, batang, daun), bibit tanaman juga memiliki peminat tinggi. Bibit tanaman yang bisa dijual secara online bisa berupa biji, rimpang, maupun cutting (bagian tanaman yang bisa menumbuhkan tanaman baru seperti batang, daun maupun cabang).

Jangan Jual Tanaman Beracun / Membahayakan

Sebagian tanaman memiliki kandungan racun bagi manusia maupun hewan. Lebih aman jika kita menghindari hal ini karena proses jualan online tidak melibatkan satu pihak melainkan banyak pihak yang ada kemungkinan untuk berdekatan / bersentuhan dengan paket yang kita kirim. Apalagi tanaman tersebut memiliki kandungan yang jelas dilarang hukum.

Dimana Saya Harus Memulai Bisnis Tanaman Secara Online?

Ada banyak sekali tempat / fasilitas online yang bisa anda manfaatkan untuk memasarkan tanaman. Mulai dari membangun website sendiri, via Instagram, jualan di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau nitip dagangan di group-group yang sudah banyak dibuat di media sosial seperti Facebook.

Untuk pemilihan tempat jualan, saya sarankan fokus di satu tempat agar jualan bisa lebih maksimal. Meskipun pada dasarnya sah-sah saja kita jualan diberbagai tempat, tapi itu cenderung boros energi, waktu dan biaya. Pilih satu tempat kemudian anggarkan budget untuk memaksimalkan lapak yang anda miliki. Semakin banyak lapak, tentunya butuh lebih banyak budget, waktu dan energi yang harus dikeluarkan.

Misalnya anda memilih Facebook untuk tempat berjualan. Disana anda bisa mempromosikan produk lewat Facebook Ads yang sudah terbukti ampuh untuk menjaring konsumen sesama pengguna Facebook.

Misalnya lagi anda memilih Tokopedia untuk membuka lapak. Disana anda bisa join jadi Premium Seller (biayanya sangat murah dan bisa dicicil pada saat ada transaksi penjualan). Otomatis dengan mendaftar menjadi Premium Seller dagangan anda akan diprioritaskan oleh Tokopedia.

Saya rasa ada banyak sekali platform jualan online yang bisa digunakan karena mereka punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Soal ini lebih cenderung selera dan tergantung kemampuan setiap individu untuk mengoptimalkan bisnis tanaman secara online untuk jangka 5, 10, atau 20 tahun mendatang.

Modal Awal Bisnis Tanaman Secara Online

  • Pengetahuan dasar tentang Internet dan Cara mengoperasikan platform jual-beli  = Wajib
  • Alat = Fleksibel bisa HP Android, Laptop, atau Komputer.
  • Modal Uang Operasional = Ratusan ribu – Unlimited
  • Stok tanaman = 1 tanaman – Unlimited

Inilah perbedaan yang paling mencolok antara bisnis tanaman secara online dan offline: kuantitas stok! Dengan modal hanya 1 tanaman saja, anda sudah bisa go online dan ada kemungkinan laku. Bisakah hal itu dilakukan secara offline? sangat sulit!

Apalagi sekarang sedang marak jualan dengan sistem dropshipping. Modal kejujuran, foto dan pulsa internet kita sudah bisa mencari keuntungan/laba via jualan online.

Demikian sekelumit hal yang bisa saya sampaikan terkait bagaimana cara memulai usaha tanaman secara online. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Related articles

sukses budidaya tanaman hias

Peluang Sukses Budidaya Tanaman Hias Masih Sangat Lebar

Peluang sukses budidaya tanaman hias masih sangat lebar karena bisnis ini memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Terlebih lagi trend gaya hidup ‘hijau’ semakin hari semakin meningkat, apalagi di perkotaan yang bisa dibilang kadar oksigennya semakin ‘menipis’. Belum lagi bicara soal kebutuhan rohani (jiwa), dimana tanaman hias masuk dalam salah satu daftar teknik alternatif refreshing, […]

peluang bisnis pupuk organik

Peluang Bisnis Pupuk Organik dan Strategi Pemasarannya

Peluang bisnis pupuk organik pada dasarnya memang ada dan kesempatannya sangat terbuka lebar. Pun demikian prospek dari bisnis pupuk organik di lingkungan petani sendiri masih tergolong kecil. Meskipun benar bahwa bertanam secara organik terus tumbuh menjadi tren populer, tapi itu hanya untuk skala kecil dan spesifik. Secara umum petani di Indonesia masih mengandalkan bahan-bahan kimia […]

Tinggalkan Balasan