Greenify Your Life

Cara Memilih Pot yang Baik untuk Anggrek

pot anggrek tanah liat

Pot yang baik untuk anggrek memiliki beberapa karakter tertentu. Pot tersebut hakikatnya hanya merupakan tempat menempel akar dan sifatnya alternatif. Pot yang baik adalah pot yang mampu memberikan kebutuhan tanaman (khususnya daerah perakaran) anggrek sesuai atau mirip dengan habitat aslinya. Semua jenis anggrek bisa ditanam di pot, tapi tidak semua pot bisa digunakan untuk menanam anggrek. Itulah kira-kira kunci yang selama ini terkadang luput dari perhatian kita saat menanam anggrek di pot. Agar tak salah pilih lagi, berikut adalah tips tentang bagaimana cara memilih pot yang baik untuk anggrek.

Prinsipnya, pot yang baik untuk anggrek adalah pot yang memiliki lubang drainase sekaligus lubang udara. Anggrek butuh drainase dan sirkulasi udaya yang bagus pada bagian perakaran.

Pot Plastik: Amati Desain dan Kualitasnya

Tidak semua pot plastik siap dipakai untuk menanam anggrek. Hal yang perlu dipertimbangkan terutama adalah lubang drainase. Dalam menanam anggrek, lubang drainase juga berfungsi sebagai lalu lintas udara. Semakin banyak dan besar lubangnya, maka semakin baik.

loading...

Ada pot plastik yang memiliki lubang drainase banyak dan ada juga yang sedikit. Terlebih lagi untuk pot yang harganya murah, lubang-lubang tersebut biasanya malah masih tersumbat oleh sisa cetakan. Sehingga kita harus membuang sumbatan terlebih dahulu. Pot dengan bahan bagus biasanya punya lubang drainase yang bagus pula. Jika anda sulit menemukan jenis pot yang berkualitas, mau tidak mau anda harus membuat lubang tambahan.

Sebaiknya pilih pot plastik yang agak mahal karena pot tersebut terbuat dari biji plastik murni bukan daur ulang. Pot plastik murni memiliki warna mengkilat, lentur, tidak gampang pecah dan kuat terkena paparan matahari dan hujan dalam jangka waktu yang sangat lama. Sebaliknya, pot daur ulang berwarna kusam, rapuh dan mudah pecah.

Fleksible Cup

fleksibel cup untuk anggrek

Flexicup lebih sering digunakan oleh para penangkar dan pembudidaya anggrek untuk menghemat tempat. Karakternya lentur sehingga mudah diisi dengan berbagai varian media tanam. Karena lentur flexicup harus ditancapkan ke dalam tray khusus. Pot jenis ini tidak cocok untuk display soliter karena tanaman cenderung terkesan bergerombol.

Pot Tanah Khusus Anggrek (Terracotta)

cara memilih pot untuk anggrek

Di pasaran ada banyak sekali jenis terracota (earthenware). Yang kami maksud disini adalah terracota yang memiliki banyak lubang drainase sekaligus lubang udara yang terletak di sisi samping pot.

Pot ini kebanyakan terbuat dari tanah liat yang sudah dibakar pada suhu tinggi. Sifatnya menyerap air dan dapat meredam cuaca panas yang ada disekeliling pot. Kalau boleh bilang, jenis pot ini adalah yang terbaik untuk anggrek – jenis apa saja!

Pot Semen Modifikasi

Pot semen modifikasi ini tidak dijual oleh toko pot maupun toko bunga, tapi bisa dipesan. Cari tukang pot disekitar anda dan pesan pot sesuai dengan kebutuhan. Karena pot semen cenderung berat, maka pot ini hanya cocok untuk anggrek yang sudah besar dan berumpun banyak.

Karakter pot semen hampir mirip dengan pot tanah. Bisa menyimpan kelembaban dan juga dapat meredam suhu panas, sehingga sekaligus bisa menjadi rambatan akar.

Pot Vanda

Kalau menurut saya, pot vanda bukanlah pot, melainkan hanya tempat penyangga. Pot ini hanya bisa digunakan untuk menanam anggrek Vanda dan kawan-kawannya seperti Aerides dan Renanthera. Pot ini tidak memiliki ruang penyimpanan media tanam. Pot vanda ada yang terbuat dari plastik dan ada juga dari kayu.

Selain yang telah disebutkan diatas, barangkali anda punya pengalaman lain terkait pot yang baik untuk anggrek kami tunggu sharingya di kolom komentar. Salam sukses menanam anggrek!

Related articles

jenis media tanam anggrek

Jenis Media Tanam Anggrek Serta Pilihan yang Paling Tepat Untuk Si Cantik!

Pada hakikatnya kita hanya bisa tahu mana jenis media tanam anggrek yang paling tepat jika kita mengerti tempat anggrek tersebut tumbuh di habitat asalnya. Dengan cara seperti itu akhirnya para ahli dan penemu bisa mencari media tanam alternatif yang lebih mudah di dapat serta memiliki kemiripan karakter dengan media tanam di habitas asalnya. Seperti yang […]

kesalahan dalam memupuk anggrek

Hindari 7 Kesalahan Dalam Memupuk Anggrek Berikut Ini

Kesalahan dalam memupuk anggrek kerap dialami oleh yang baru memelihara tanaman hias eksotis ini. Kesalahan dalam memupuk bisa berakibat buruk terhadap pertumbuhan anggrek, yang seharusnya bisa memberikan bonus bunga yang cantik, yang terjadi malah hanya menunggu dan terus menunggu. Soal penyediaan nutrisi terhadap anggrek ternyata sama sekali berbeda dengan penyediaan nutrisi terhadap tanaman terestris seperti […]

Tinggalkan Balasan