Greenify Your Life

Cara Membuat Rebung Kering Kenyal Seperti Daging

cara membuat rebung kering

Cara membuat rebung kering ala Jawa Timuran ini bisa dibilang cukup sederhana dan tidak membutuhkan alat khusus. Bagi anda yang tertarik usaha rebung kering, cara ini cukup bisa diandalkan, karena daya simpanya mampu mencapai satu tahun lebih dan tetap bisa mekar (mengembang) saat dimasak. Teksturnya mirip daging sapi! Kami persilahkan juga bagi anda yang kepingin mencoba membuat stok sendiri untuk konsumsi sehari-hari, silahkan ikuti caranya ya.

Sekilas Tradisi Membuat Rebung Kering di Jawa Timur

Di daerah Blitar rebung kering memiliki nama sendiri yaitu Klingking. Di daerah Tulungagung, sayuran dari olahan rebung kering disebut sebagai Bobo. Di daerah lain pasti ada sebutannya masing-masing karena sebenarnya tradisi pengeringan bambu muda (rebung) sudah terjadi sejak lama di negeri ini. Contohnya di Tujuan dari pada pengeringan bambu muda adalah untuk meningkatkan daya simpanya serta memperoleh cita-rasa berbeda dari bambu muda yang masih segar.

loading...

Banyak daerah di Jawa Timur yang menghadirkan sayuran berbahan dasar rebung kering di acara-acara spesial seperti hari ketupat saat hari raya ataupun di saat hari raya kurban. Bobo memang sangat lezat disantap bersama dengan ketupat, apalagi dicampur dengan daging sapi. Hampir tak kelihatan mana rebung keringnya dan mana daging sapinya!

Kalau di daerah Kalimantan, sempat dengar bahwa rebung kering cenderung diolah tipis-tipis (suwir-suwir). Beda lagi di Jawa Timur, rebung kering cenderung diolah tebal-tebal agar supaya ketika dimasak teksturnya bisa mirip daging: ada kenyalnya.

Cara Membuat Rebung Kering Step by Step

Sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang kami dapatkan, berikut ini adalah cara membuat rebung kering dimana hasil olahannya berupa rebung kering tebal atau yang biasa disebut dengan REBUNG DAGING (jika dimasak bentuk olahannya mirip dengan irisan daging sapi).

Memilih Jenis Rebung Bambu

Langkah pertama yang tak boleh diabaikan adalah memilih jenis rebung bambu itu sendiri. Meski setiap bambu memiliki rebung, tapi tidak semua enak dimasak. Sebagian seratnya terlalu kasar dan sebagian memiliki rasa pahit.  Bambu yang memproduksi rebung paling enak untuk dikonsumsi diantaranya adalah bambu petung / betung (Dendrocalamus asper), bambu apus (Gigantochloa apus), dan bambu duri (Bambusa blumeana). Jenis rebung bambu juga menentukan warna rebung kering. Bambu petung / betung cenderung menghasilkan rebung kering dengan tekstur kenyal empuk dan warna kuning menarik.

Kalau anda ingin memetik bambu muda sendiri langsung di kebun, anda wajib tahu apa jenis bambunya dan apakah rebung bambu tersebut biasa diolah oleh masyarakat setempat. Kalau beli di pasar, rata-rata yang dijual oleh pedagang adalah jenis rebung enak. Kemudian pilih rebung yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.

Rebung yang terlalu muda akan habis ketika dikeringkan karena penyusutannya terlalu banyak. Sedangkan rebung yang terlalu tua terksturnya keras tidak kenyal lagi dan sudah pasti tidak enak.

Olah Bambu Muda Segar Sebelum Dikeringkan

Rebung atau bambu muda yang masih segar tidak lantas dikeringkan begitu saja, harus diolah terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buang bagian yang tidak diinginkan diantaranya adalah bagian bawah tunas yang terlihat kasar dan berserat tebal (kalau tidak ada berarti rebung tersebut dipanen di saat yang tepat dan tidak terlalu tua), kemudian buang juga bagian tunas atas (calon daun pertama) yang sudah memiliki gelugut, dan kulit-kulit tunas muda hingga didapatkan bagian dalam yang terlihat bersih dan berdaging.
  2. Cuci tunas muda bambu (rebung) hingga bersih.
  3. Potong-potong menjadi beberapa bagian agar mudah dimasukkan ke dalam panci.
  4. Masukkan potongan ke dalam panci beri sedikit garam dan rebus hingga matang atau setengah matang. Yang penting sudah empuk.
  5. Angkat kemudian tiriskan hingga dingin.
  6. Iris-iris potongan tadi dengan ketebalan kurang lebih 0,5 – 1 cm. Jangan terlalu tipis karena hasilnya beda!
  7. Irisan rebung segar siap untuk dikeringkan.

Teknik Pengeringan Konvensional

Ada dua cara konvensional yang bisa dipilih, yaitu cara alami dengan menjemur di bawah terik matahari atau pakai oven. Pengeringan ini membutuhkan waktu yang cukup lama agar kandungan air dalam rebung benar-benar habis.

Oleh karenanya jika anda memilih pakai oven ada triknya tersendiri yaitu pengeringan secara bertahap (tidak langsung kering). Caranya adalah memanaskan di suhu rendah, kemudian diangin-anginkan, dipanaskan lagi, diangin-anginkan lagi sampai kadar air dalam rebung tinggal sedikit. Di akhir proses pengeringan agar kadar air bisa dibuang sepenuhnya, tetap harus dijemur di bawah sinar matahari.

Sebenarnya butuh perjuangan yang lumayan untuk membuat rebung kering tapi jika sudah merasakan hasil olahannya, pasti ketagihan ingin membuat kembali.

Oh ya, setelah kering, rebung tersebut tidak bisa langsung dimasak dan harus diolah terlebih dahulu untuk mendapatkan tekstur kenyal seperti daging seperti yang digambarkan. Caranya sederhana, yaitu dengan cara merendam rebung kering selama 1 malam. Setelah itu rebung siap dimasak menjadi aneka masakan seperti tumis, lodeh rebung daging, dan lain sebagainya.

Demikian cara membuat rebung kering kenyal seperti daging ala Jawa Timuran, semoga menginspirasi dan selamat mencoba!

Related articles

resep puding kelor

Resep Puding Kelor Sederhana Enak Menyehatkan

Moringa oleifera termasuk dalam daftar tanaman herbal yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Cukup menggembirakan karena tanaman satu ini bisa kita temui dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia. Berikut ini adalah diantara fakta mengejutkan tentang nilai nutrisi yang terkandung dalam daun kelor sehingga WHO pun menobatkan tanaman ini sebagai tanaman ajaib: Memiliki […]

nugget bonggol pisang kepok

Cara Membuat Nugget Bonggol Pisang Kepok Hommade

Nugget bonggol pisang kepok hommade untuk anda yang sedang mencari-cari menu kuliner unik! Sobat Hijao pasti sudah tau kan kalau nugget biasanya terbuat dari daging-dagingan? Nah, sobat sekarang bisa membuat nugget unik dari bahan yang unik pula. Ya bahan utama dari nugget bonggol pisang adalah bagian pohon pisang kepok yang sering terlantarkan itu. Di dunia […]

Tinggalkan Balasan