Greenify Your Life

Berbagai Pilihan Media Tanam Anggrek Tanah / Terestrial

media tanam anggrek tanah

Siapa yang mengira kalau media tanam anggrek tanah (terestrial) yang paling bagus ternyata bukan tanah? Loh kok bisa? kita kupas pelan-pelan ya.

Ada banyak jenis anggrek terestrial yang patut kita kagumi keindahan bunganya. Contoh anggrek tanah paling populer di Indonesia diantaranya adalah:

loading...
  • Calanthe (triplicata, vestita)
  • Spathoglottis (plicata, pubescens)
  • Epidendrum
  • Vandopsis lissochiloides
  • Paphiopedilum (javanicum, glaucophyllum, lowii, dll)
  • Vanda (tricuspidata, hookeriana, douglas, dll)
  • Arachnis (anggrek kalajengking)
  • Cymbidium (lancifolium, ensifolium, golden boy, chen ruby, dll)

Semua anggrek yang disebutkan di atas memiliki bunga yang mempesona dan berharga jual tinggi. Pernahkah anda membeli salah satunya?

Mungkin anda juga sempat bertanya-tanya kenapa setiap kita membeli anggrek seperti yang disebutkan di toko bunga selalu menggunakan media tanam sekam bukannya tanah?

Jawabannya, sekam merupakan salah satu media tanam yang cukup baik untuk menanam anggrek tanah. Ditambah lagi, fakta menunjukkan bahwa anggrek tanah itu sebenarnya tidak hidup menancap ke dalam tanah. Mereka hanya hidup di permukaan tanah saja, itupun tidak sembarang permukaan tanah, melainkan permukaan tanah yang memiliki kondisi khusus seperti lantai hutan, permukaan tanah yang berlumut dibawah pohon besar, permukaan tanah dengan bebatuan khusus, dan lain sebagainya.

Dari karakter tersebut, minimal kita bisa berasumsi bahwa anggrek tanah itu tidak bisa disamakan dengan tanaman lain yang hidup di tanah. Seperti jenis-jenis anggrek lainnya (epifit dan litofit), anggrek terestrial juga butuh sirkulasi udara yang baik ke seluruh bagian tanamannya termasuk akar, drainase yang baik, dan kelembaban yang pas, tidak kurang tidak lebih. Itulah alasan kenapa anggrek tanah tidak akan hidup sempurna jika anda menancapkannya ke dalam tanah.

Berikut ini adalah beberapa contoh media tanam yang bisa anda uji coba.

Berbagai Opsi Media Tanam Anggrek Tanah (Terestrial)

Sekam Mentah

Sekam mentah mudah didapat, ringan dan harganya murah meriah. Sekam mampu mengikat kelembaban, memiliki drainase yang bagus dan tidak mudah padat. Untuk keperluan komersil, media tanam ini sudah sangat populer dan banyak digunakan. Kekurangannya adalah pada daya tahan. Ketika sudah lapuk, media harus diganti dengan sekam yang baru.

Sekam Bakar

Sekam bakar memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan sekam mentah. Selain tidak cepat lapuk, ada banyak pendapat bahwa sekam bakar ini mengandung silika yang sangat bermanfaat terhadap tanaman. Tanaman yang disuplai dengan unsur silika akan lebih kekar dan tahan terhadap penyakit.

Sekam mentah sebaiknya tidak digunakan secara tunggal.

Pumice (Kerikil Batu Apung)

Pumice jarang digunakan sebagai media tanam tunggal karena kurang menyimpan kelembaban. Batu ini memiliki karakter seperti halnya hidroton, berongga dan dapat mengikat unsur hara dari luar. Pumice sangat pas jika digunakan sebagai media campuran.

Kulit Pinus Cacah Lembut

Kulit pinus yang dicacah lembut juga bisa digunakan sebagai media tanam anggrek terestrial. Kulit pinus bisa dicampur dengan arang pecahan arang kecil-kecil, bisa dicampur dengan pumice dan media tanam lain.

Pecahan Arang Kecil

Di dunia per-anggrek-an, arang sudah sangat populer digunakan sebagai media tanam untuk segala jenis anggrek. Dengan ukuran dan takaran yang tepat, arang juga cocok untuk anggrek tanah.

Humus Bambu

Humus bambu bisa diandalkan untuk anggrek tanah yang membutuhkan kelembaban tinggi seperti Paphiopedilum dan juga Calanthe. Untuk menambah rongga-rongga di bagian perakaran, humus bambu bisa dicampur dengan pumice atau pakis cacah lembut.

Pakis Cacah Lembut

Media ini cukup bagus baik digunakan secara tunggal maupun campuran. Pakis cacah lembut bisa dikombinasikan dengan berbagai media tanam yang telah disebutkan di atas.

Semoga bermanfaat, selamat beruji coba!

Related articles

Jenis-Jenis Anggrek Dendrobium Spesies Berdasarkan Section-nya

Jenis-jenis anggrek Dendrobium spesies yang telah teridentifikasi jumlanya mencapai ribuan. Dendrobium (baca: den-DROH-bee-um) bisa dikatakan sebagai salah satu marga Orchidaceae yang paling kaya sehingga sangat terkenal di jagad per-anggrek-an. Karena saking banyaknya perlu diadakan pengelompokan supaya lebih mudah dalam mengenali jenis anggrek Dendrobium. Nah, pengelompokan ini dalam ilmu botani disebut sebagai Taksonomi. Yang ingin saya […]

langkah sterilisasi media tanam anggrek

Sterilisasi Media Tanam Anggrek Step by Step Anti Gagal

Sterilisasi media tanam anggrek penting kita lakukan sebelum tancap tanaman, khususnya jika kita memakai bahan baku yang membawa sumber penyakit bagi anggrek seperti cendawan (jamur), gulma, atau pengganggu lainnya. Memang ada beberapa media tanam yang bisa langsung digunakan tanpa harus distresil misalnya adalah arang, hydroton, dan stereofoam karena bahan-bahan tersebut merupakan hasil olahan yang rata-rata […]

Tinggalkan Balasan