Greenify Your Life

9 Ide Tanaman Hias Meja Jenis Paku-Pakuan Simpel & Elegan

tanaman hias meja

Tanaman hias meja dari golongan tumbuhan paku-pakuan memiliki kesan elegan dan simpel sehingga cocok untuk menyegarkan berbagai jenis ruangan mulai dari ruang publik, hotel, bank, ruang tamu hingga perkantoran. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan tumbuhan paku (fern) tersebar mulai dari sabang hingga merauke. Oleh karenanya sangat gampang untuk memperoleh tanaman hias jenis paku-pakuan dengan harga yang sangat terjangkau. Banyak sekali interior designer yang memilih tumbuhan paku sebagai menu utama untuk menghias rumah sakit, stasiun kereta api atau bahkan bandara.

Jika anda berminat memilikinya atau sedang cari referensi tentang tumbuhan paku yang bisa jadi penghias meja, berikut adalah ide dari kami. Happy hunting!!!

loading...

Rumput Kipas / Cakar Ayam (Selaginella tamariscina)

Tanaman meja kantor cakar ayamRumput kipas atau cakar ayam berukuran mini dengan percabangan unik menghadap ke atas (seperti garpu), daun runcing bersusun sepanjang batang. Terdapat spora pada ketiak daun berwarna putih. Cakar ayam memiliki akar serabut berwarna coklat. Di habitatnya cakar ayam tumbuh dipermukaan tanah atau bebatuan lembab sehingga sangat mudah untuk adaptasi jika digunakan sebagai tanaman hias meja di dalang ruangan.

Kadaka Osaka (Asplenium antiquum ‘Osaka’)

Kadaka Osaka merupakan salah satu spesies Asplenium (tumbuhan sarang burung) dengan ukuran mini. Daun tumbuh melingkari batang (rosette), tegak, dan bergelombang di bagian tepi. Warnanya hijau segar menyuguhkan pemandangan yang sanga indah.

Suplir (Adiantum sp.)

Ada banyak jenis Adiantum yang bisa kita temukan di pasaran mulai dari jenis mini hingga yang berpostur bongsor dengan daun agak lebar. Untuk tanaman hias meja kita bisa memilih spesies suplir seperti Adiantum raddianum.

Pakis Kelabang (Nephrolepis cordifolia)

Jika anda punya meja yang agak lebar serta masih ada banyak ruang kosong mungkin tanaman ini bisa jadi pilihan. Pakis kelabang memiliki panjang daun maksimal 1 meter dan lebar daun hingga 7 cm. Bentuknya unik dan perawatannya mudah.

Boston fern / Paku Gunung / Sword fern (Nephrolepis exaltata)

Boston fern merupakan tumbuhan paku-pakuan keluarga Lomaripsidaceae yang persebarannya paling luas. Tanaman ini hampir ditemukan di seluruh dunia yang memiliki iklim tropis. Satu kelebihan dari Boston fern yaitu lebih toleran terhadap kekeringan. Boston fern biasa digunakan sebagai tanaman hias gantung, terrarium dan juga tanaman meja. Ukurannya cukup besar jika sudah dewasa. Daun bisa tumbuh panjang hingga 1 meter.

Bambu Air (Equisetum hyemale)

Siapa sangka tanaman air satu ini termasuk ke dalam tumbuhan paku? Di habitat aslinya bambu air tidak 100% tumbuh di air, melainkan pada substrat-substrat (seperti batu) atau tanah yang dekat dengan genangan air. Meski demikian anda jangan khawatir, karena tanaman satu ini masih bisa hidup subur di tanah. Bambu air memiliki karakter tumbuh yang tergolong invasif. Untuk penyegar nuansa meja kantor, cukup tanam satu atau dua batang saja.

Bird’s-nest fern (Asplenium nidus)

Tanaman ini mudah ditemukan serta harganya sangat murah. Di habitat aslinya Asplenium nidus bisa tumbuh sangat besar hingga biasa dijadikan sarang hewan di hutan belantara. Pun jangan khawatir, jika anda mengadopsinya dari usia kecil untuk kemudian ditaruh pada lingkungan indoor, pertumbuhannya agak lambat. Anda bisa menata sebagai tanaman hias meja yang cantik. Sejatinya ini merupakan tanaman epifit (menempel pada pohon lain), tapi sangat mudah dibudidayakan baik cara tempel atau ditanam dalam pot.

Kadaka Lasagna (Asplenium nidus var plicatum ‘Lasagna’)

tanaman penghias meja hotelIni yang lagi populer di jagad ‘perpakuan’ tanah air! Daunnya lenggak-lenggok sehingga sering dijuluki sebagai kadaka cobra. Sama seperti jenis Asplenium nidus, tumbuhan ini berpostur jumbo di habitat aslinya. Untuk tanaman meja, pilih aja bibit yang masih berukuran 10 – 20 cm. Jangan khawatir kalau tanaman bisa memenuhi meja anda, karena pertumbuhannya cukup lambat.

Asplenium x kenzoi

tanaman penghias meja ruang tamuUkurannya dewasa bisa cukup besar, tapi selagi masih kecil sangat bagus digunakan sebagai tanaman meja. Keunikan asplenium x kenzoi terletak pada bentuk daunnya yang tebal dan bergerigi. Karakter pertumbuhannya lambat dan mudah ditata di secara indoor. Sangat pas dijadikan untuk tanaman hias meja.

Related articles

jenis tanaman alocasia

Jenis Tanaman Alocasia Daun Paling Eksotis Ini Diantaranya

Pernah dengar tanaman alokasia? Ya, tanaman yang akrab disebut sebagai sente oleh orang jawa itu beberapa diantaranya sangat eksotis. Dulu yang sempat geger dan harganya sempat melambung tinggi diluar nalar adalah sente hitam. Sekarang harganya sudah mulai stabil dan masih tetap eksotis. Bagi anda yang ingin mengenal lebih dalam tentang tanaman alokasia, berikut adalah hal-hal menarik serta […]

Bunga hoya

Menanam Bunga Hoya: Keindahan, Keunikan dan Tips Perawatan

Kali pertama mengenal tanaman bunga Hoya langsung kepincut dengan keindahan plus keunikannya. Saya sendiri kurang begitu mendalami mengenai jumlah spesies tanaman hias yang satu ini mengingat yang saat ini dipelihara hanya beberapa jenis saja. Dengar-dengar dari kawan dan berdasarkan informasi di dunia maya, Hoya memiliki ratusan spesies tersebar di berbagai wilayah tropis khususnya Asia. Indonesia […]

1 Komentar

Tinggalkan Balasan