Greenify Your Life

20 Tanaman Hias Berdaun Merah dan Tantangan Perawatanya

Tanaman hias berdaun merah mampu ciptakan nuansa pekarangan rumah jadi ceria. Nah, bagi anda yang sedang bingung pilih-pilih tanaman hias berdaun merah, kami punya daftarnya yang dapat anda jadikan referensi sebelum mengunjungi florist langganan. Diantara banyaknya pilihan, berikut kami mencoba menyuguhkan tanaman hias berdaun merah yang paling populer. Agar tambah mantab, kami juga punya tips terkait tingkat kesulitan tanaman untuk masing-masing jenis. Dengan begitu anda tidak akan bingung sesampai dirumah karena sudah punya persiapan untuk merawat tanaman yang dibeli.

Langsung saja berikut adalah beberapa tanaman hias berdaun merah paling populer:

loading...

1.     Kastuba (Euphorbia pulcherrima)

Masyarakat lokal lebih akrab dengan nama tanaman racunan. Meski demikian tanaman ini tidak beracun loh, jadi sangat aman ditanam di sekitar rumah. Tanaman hias satu ini juga populer disebut sebagai bunga natal – meskipun daya tarik utamanya sebenarnya terletak pada daun bukan bunganya. Dengan perawatan yang tepat kastuba selalu menumbuhkan daun muda berwarna merah menyala.

Tingkat kesulitan: Sedang

Tantangan: Mempertahankan warna daun agar tetap merah menyala

Tips Spesial:

  • Tumbuh subur dan bisa mengeluarkan warna merah hanya di daerah-daerah beriklim sejuk karena habitat aslinya adalah iklim subtropis.
  • Butuh treatment khusus jika ingin mengadaptasikan di daerah beriklim panas.
  • Tanaman bawah naungan dan tidak direkomendasikan untuk ditanam secara outdoor meski mampu beradaptasi.
  • Bisa pakai media tanah biasa

2.     Sri Rejeki (Aglaonema)

Untuk sensasi merah merona bisa pilih jenis Suksom Jaipong, Pride of Sumatra, Red Anjamani, Aglaonema Stardust, atau Red Krakatau. Popularitas Aglaonema tak pernah surut seiring dengan perputaran waktu. Malah, jenis-jenis hibrida baru semakin membuat mata melotot karena kharisma dan keunikannya.  Sebab saking banyaknya jenis Aglaonema, untuk jenis-jenis tertentu biasanya tidak dijual di florist karena harganya yang mahal. Disarankan untuk gabung di komunitas pecinta aglaonema untuk mendapatkan jenis-jenis yang bagus.

Tingkat Kesulitan: Mudah – sulit tergantung jenis

Tantangan: Menjaga warna daun tetap mengkilat dan bebas dari penyakit khususnya jamur dan bakteri. Jenis-jenis aglaonema import lebih sensitif dan rentan terhadap penyakit.

Tips Spesial:

  • Mampu tumbuh subur di iklim panas maupun dingin
  • Tanaman bawah naungan
  • Pencahayaan bisa sedikit atau banyak
  • Butuh pelindung dari sinar UV dan air hujan agar daun tetap mengkilat dan warna tidak pudar.
  • Butuh media khusus yang sifatnya porous (yang umum digunakan adalah campuran kompos daun bambu dan sekam).

3.     Pucuk Merah (Syzygium oleina)

Daya tarik tanaman pucuk merah sebenarnya bukan hanya terletak pada warna daun, melainkan karakternya yang rapih. Tanaman ini bisa dibentuk agar terlihat semakin menarik, seperti bentuk kerucut dan bulat-bulat. Plus pucuk merah gampang sekali dibudidayakan sehingga harganya sangat terjangkau bagi semua kalangan pecinta tanaman hias. Tanaman ini seringkali dipilih untuk penghijauan taman kota, maupun perumahan-perumahan elit.

Tingkat kesulitan: Mudah

Tantangan: Pruning atau pemangkasan batang/daun agar tetap terlihat rapih

4.     Puring (Codiaeum variegatum)

Popularitas puring hampir mirip dengan aglaonema, kian hari banyak sekali hibrida-hibrida baru yang dikembangkan. Jika anda melirik tanaman hias berdaun merah, maka ada banyak sekali hibrida puring yang bisa dipilih. Contohnya yang memiliki daun merah menyala adalah puring sembodro, puring zahra, puring kura, puring apel merah, puring worten beauty dan lain sebagainya.

Tingkat Kesulitan: Mudah – Sedang

Tantangan: Menjaga karakter dan warna daun tetap fresh dan merah menyala

Tips Spesial:

  • Jika ditanam di pot memerlukan komposisi media tanam yang tepat. Contoh media tanam yang bisa digunakan adalah campuran sekam + tanah + kompos atau tanah + kompos bambu.

5.     Andong Merah / Hanjuang (Cordyline fruticosa)

Sudah cantik kaya manfaat lagi. Ya, itulah si andong merah yang di banyak daerah masih banyak tumbuh liar. Ingin sensasi merah, anda bisa memilih tanaman ini baik untuk ditanam di pot maupun langsung di tanah. Tak butuh trik khusus untuk melihat kecantikan tanaman perdu hanjuang. Menurut beberapa sumber, tanaman ini sedang diteliti untuk obat berbagai penyakit juga.

Tingkat Kesulitan: Mudah

Tantangan: Hampir tidak ada karena sangat mudah tumbuh dan kebal terhadap serangan penyakit / hama. Pun jika kurang sinar matahari warna daun tidak begitu merah.

6.     Neoregelia ‘Fireball’ (Bromeliads)

Dalam genus Neoregelia mungkin ada beberapa tanaman yang memiliki daun berwarna merah. Menurut pengamatan kami, jenis neoregelia ‘Fireball’ adalah yang paling banyak dijumpai di pasaran. Jarang juga yang tahu nama ilmiah tanaman ini. Orang biasanya hanya tau bahwa itu adalah tanaman bromelia.

Tingkat Kesulitan: Mudah – Sedang

Tantangan:  Menata tanaman agar mendapatkan intensitas cahaya matahari, suhu dan kelembapan yang tepat.

Tips Spesial:

  • Jenis ini suka lingkungan terang dan hangat
  • Hindarkan dari matahari langsung untuk menjaga karakter dan warna
  • Jika mendapat paparan sinar langsung maka warna bisa pudar
  • Seperti anggrek, penyiraman dilakukan jika media sudah terlihat kering

7.     Cryptanthus (Bromeliads)

Cryptanthus dikenal juga sebagai bromelia mini atau tanaman bintang tanah (Earth Stars). Sebenarnya Cryptanthus masih tergolong dalam keluarga Bromeliads. Karena ukurannya mini, tanaman ini juga sering dipakai sebagai tanaman indoor.

Tingkat Kesulitan: Mudah – Sedang

Tantangan: Menata tanaman agar mendapatkan intensitas cahaya matahari, suhu dan kelembapan yang tepat.

Tips Spesial:

  • Tanaman yang sangat adaptif dan tahan kering meski toleran juga terhadap kelembapan
  • Taruh di tempat teduh agar warna daun tidak pudar

8.     Vriesea (Bromeliads)

Ini adalah rajanya keluarga Bromeliads. Di Indonesia tanaman ini suka disebut sebagai bromelia giant. Ukurannya yang sangat besar segede gaban, dipadu warna daun yang super merah, bisa jadi dekorasi halaman yang sangat antik.

Tingkat Kesulitan: Mudah – Sedang

Tantangan: Sama seperti jenis bromeliads lainnya

9.     Loropetalum

Kalau dilihat lebih jeli, sebenarnya tanaman Loropetalum memiliki daun warna ungu. Tapi masih ada gradasi merah sehingga terlihat lumayan menyala. Di taman Loropetalum sering dijadikan sebagai focal point dalam sekerumunan tanaman hias. Loropetalum bisa ditanam di pot maupun langsung grounding.

Tingkat Kesulitan: Mudah

Tantangan: Karena tanaman ini masuk dalam golongan semak, maka harus telaten pruning jika tanaman sudah mulai besar.

10.Keladi (Caladium)

Keladi beberapa kali pernah jadi primadona di jagad tanaman hias Indonesia. Mungkin harganya yang selangit itu kapan hari bisa terulang kembali mengikuti perputaran trend tanaman hias. Untuk yang jenis berdaun merah, sampai sekarang masih masuk dalam golongan tanaman berkelas.

Tingkat Kesulitan:  Sedang

Tantangan: Tidak boleh kekeringan atau tanaman bisa mengalami dormansi

Tips Spesial:

  • Potong jika muncul bunga karena itu merupakan pertanda tanaman akan tidur (tidak berdaun / dorman)
  • Dalam masa dormansi jangan anggap bahwa tanaman mati, karena umbi masih akan memunculkan tunas baru

Related articles

Manfaat tanaman peace lily

Tanaman Hias Pembersih Udara Ruangan / Indoor Efektif Menyerap Polutan

Ulasan ini merupakan kelanjutan dari kompilasi tanaman hias pembersih ruangan yang bisa anda baca di sini. Pada ulasan tersebut anda bisa menemukan berbagai macam tananaman yang paling efektif dalam menyerap beberapa zat berbahaya di udara berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh NASA bersama dengan Associated Contractors of America (ALCA). Nah, untuk memudahkan para pembaca dalam […]

contoh tanaman hias buah

Contoh Tanaman Hias Buah Minim Perawatan Meski Dalam Pot

Dari sekian banyak contoh tanaman hias buah yang bisa dipilih, dalam artikel ini kita akan coba mengulas jenis tanaman yang mudah dirawat dan benar-benar bisa dirawat dalam pot entah itu pot kecil atau pot besar. Tak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan akan tanaman hias untuk setiap orang bisa berbeda-beda. Tanaman hias buah adalah segala jenis tanaman […]

Tinggalkan Balasan