Greenify Your Life

10 Ide Tanaman Gantung Tahan Panas dan Hujan

tanaman gantung tahan panas

Dari sekian banyak macam tanaman gantung yang bisa anda pilih di toko bunga, mungkin hanya beberapa saja yang tergolong sebagai tanaman gantung tahan panas. Tanaman hias gantung tahan panas adalah tanaman yang mampu hidup pada lokasi dengan temperatur tinggi.

Pada kategori ini biasanya ada dua kelompok yaitu tanaman yang benar-benar kuat hidup secara full sun (terkena paparan sinar matahari secara langsung sepanjang hari) dan ada tanaman yang hidup dengan sinar tersaring (filtered light). Kedua kelompok tanaman tersebut sangat toleran terhadap suhu panas ekstrim. Nah, dari pada salah beli dan akhirnya tak sesuai dengan harapan, lebih baik simak dulu informasi yang kami sajikan.

loading...

Oh ya, kalau bicara soal tanaman hias memang tak bisa lepas dari trend. Mengikuti trend memang sah-sah saja. Lebih penting dari itu, bagaimana kita bisa merubah nuansa rumah menjadi asri dan menyenangkan. Mungkin diantara beberapa jenis tanaman gantung tahan panas yang kami uraikan disini terkesan sudah jadul (diperkenalkan sudah sejak lama). Meskipun demikian, tak ada salahnya kalau kita tetap memilihnya untuk kemudian kita tata dengan konsep baru agar terlihat lebih menarik.

Langsung saja berikut ini adalah beberapa jenis tanaman gantung tahan panas yang siap memeriahkan dan  menyejukkan lingkungan rumah anda.

Krokot / Bunga Pukul Sembilan / Portulaca / Moss rose

Sinar matahari: penuh
Tingkat kesulitan perawatan: mudah
Penyiraman: 1-2x / hari

Banyak sekali ya sebutan untuk tanaman hias satu ini, hehe. Moss rose atau orang Indonesia biasa menyebutnya dengan krokot adalah tanaman annual yang sangat cantik. Sifatnya yang mudah tumbuh tanaman ini biasa dijadikan sebagai ground cover, tanaman pot hingga tanaman gantung. Karakter tanaman moss rose tergolong sangat invasif (menjalar kemana-mana) sehingga jika ditata secara menggantung akan lebih menarik. Pun demikian, penataan masih tetap diperlukan dengan cara pruning batang tanaman agar lebih rapi.

Bunga vinca atau yang lebih dikenal dengan Tapak Dara

Sinar matahari: penuh / setengah teduh
Tingkat kesulitan perawatan: mudah
Penyiraman: 1-2x / hari

Tapak dara termasuk salah satu tanaman hias klasik yang mungkin sudah dikenal sejak jaman penjajahan dulu kala. Karakternya yang adaptif serta bentuk bunga yang menarik membuat trend tanaman satu ini seakan tak pernah pudar. Bunga vinca bisa hidup dan berbunga disemua iklim, panas maupun dingin. Semakin banyak cahaya yang ia peroleh, maka semakin subur dan semakin cantik pula bunganya. Soal warna anda tinggal pilih, mulai dari putih, merah, pink, ungu, atau yang ada motifnya. Untuk tanaman gantung tahan panas, bunga vinca merupakan pilihan tepat.

Lili Paris / Spider Plant

Sinar matahari: penuh / setengah teduh / teduh
Tingkat kesulitan perawatan: mudah
Penyiraman: 1x sehari

tanaman hias gantung minim penyiramanSelain harganya yang murah-meriah, tanaman ini tergolong sangat hardy  alias tahan banting terhadap semua cuaca. Sebutan populer lainnya adalah tanaman bulu ayam. Agar tanaman tetap tumbuh subur secara outdoor full sun dan full rain sebaiknya tanam pada pot berbahan tanah liat dengan lubang drainase yang cukup banyak. Tanaman ini cenderung suka kering ketimbang basah. Terlalu basah malah membuat akar cepat membusuk.

Petunia

Sinar matahari: penuh / setengah teduh
Tingkat kesulitan perawatan: sedang
Penyiraman: 2x / hari

Petunia tumbuh subur apabila terkena paparan sinar matahari minimal 5 jam setiap hari. Nah, jadi sudah tidak perlu diragukan lagi untuk memilih tanaman ini sebagai tanaman gantung di halaman rumah. Tanaman ini sangat cocok bagi anda yang ingin nuansa meriah. Bunganya berbentuk terompet dengan banyak sekali varian corak dan warna.

Anda bisa membeli tanaman ini dalam kondisi sudah dewasa maupun dalam bentuk biji. Untuk memperbanyak tanaman hias petunia agar hasilnya maksimal sebaiknya pilih dari biji.

Epiphyllum Cactus

Sinar matahari: setengah teduh
Tingkat kesulitan perawatan: sedang – sulit
Penyiraman: tunggu media mengering

tanaman hias gantung tahan keringBentuk dahannya seperti bunga wijaya kusuma tapi ini lebih kecil. Epiphyllum Cactus disebut juga sebagai orchid cactus karena dia bersifat epifit. Perawatan Epiphyllum Cactus hampir mirip anggrek. Media tanam yang digunakan harus porous dan tidak menggenangkan air. Pemupukan hanya apabila ada tanda pertumbuhan aktif. Selebihnya tanaman ini sebaiknya dibiarkan saja. Pupuk yang digunakan adalah pupuk dengan kandungan fosfor dan kalium tinggi.

Lantana

Sinar matahari: penuh
Tingkat kesulitan perawatan: mudah
Penyiraman: 1x / hari

Orang desa menyebutnya dengan tanaman Tembelek/Trembelek/Tembelekan dan biasa dijadikan sebagai pakan kambing. Terlepas dari itu, Lantana merupakan produsen bunga yang sangat cantik dan beraroma khas! Dan ternyata, Lantana tak hanya populer di Indonesia saja loh. Pamornya mendunia!

Lantana merupakan tanaman semak perdu dengan percabangan yang sangat banyak. Berbatang keras, ada yang tumbuh tegak dan ada yang menjuntai. Warna bunga sangat bervariasi. Tinggal pilih mana yang sesuai selera.

Begonia

Sinar matahari: setengah teduh
Tingkat kesulitan perawatan: mudah
Penyiraman: 1-2x / hari
Tanaman ini memiliki dua atraksi, pertama bunga dan kedua adalah daun. Begonia berdaun merah yang berbentuk hati sangat diminati. Pun demikian ada juga yang berdaun hijau totol-totol yang tak kalah cantik. Bunganya semarak muncul silih berganti.

Tillandsia

Sinar matahari: penuh / setengah teduh
Tingkat kesulitan perawatan: sangat mudah
Penyiraman: minimal 3 hari sekali dengan cara semprot ke seluruh bagian tanaman

Tanaman gantung minim perawatan dan tahan panasJika anda sama sekali tak mau repot, tillandsia adalah pilihan tanaman gantung tahan panas paling tepat. Tanaman satu ini bisa hidup subur bahkan tanpa media sama sekali. Ada banyak pilihan mulai dari Tillandsia yang berupa akar saja, daun saja atau Tillandsia yang berbunga.

Beberapa Jenis Anggrek

Sinar matahari: penuh / setengah teduh
Tingkat kesulitan perawatan: mudah – sulit
Penyiraman: tunggu media mengering

Contoh anggrek yang kuat diletakkan secara outdoor adalah beberapa genus Dendrobium dan Cattleya. Meski demikian anda perlu melalukan treatment (adaptasi) secara bertahap hingga anggrek benar-benar siap menerima paparan sinar matahari langsung. Jika langsung terkena paparan sinar matahari penuh sepanjang hari, daun akan menguning kemudian gogrok. Biarkan saja, sampai muncul tunas baru.  Tak perlu cemas karena tunas baru tersebut sudah siap dengan kondisi yang ia terima.

Mint

Sinar matahari: penuh / setengah teduh
Tingkat kesulitan perawatan: mudah
Penyiraman: 1-2x sehari

Daun mint adalah opsi yang cukup menarik sebagai tanaman gantung tahan panas serta hujan. Mint tumbuh sangat cepat sehingga tanpa anda sadari tanaman sudah rimbun begitu saja. Meski tanaman ini lebih populer dikultur secara hidroponik, sejatinya ia cukup tahan terhadap kondisi kering dan panas yang cukup menyengat. Silahkan dicoba!

Related articles

Manfaat tanaman peace lily

Tanaman Hias Pembersih Udara Ruangan / Indoor Efektif Menyerap Polutan

Ulasan ini merupakan kelanjutan dari kompilasi tanaman hias pembersih ruangan yang bisa anda baca di sini. Pada ulasan tersebut anda bisa menemukan berbagai macam tananaman yang paling efektif dalam menyerap beberapa zat berbahaya di udara berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh NASA bersama dengan Associated Contractors of America (ALCA). Nah, untuk memudahkan para pembaca dalam […]

Bunga hoya

Menanam Bunga Hoya: Keindahan, Keunikan dan Tips Perawatan

Kali pertama mengenal tanaman bunga Hoya langsung kepincut dengan keindahan plus keunikannya. Saya sendiri kurang begitu mendalami mengenai jumlah spesies tanaman hias yang satu ini mengingat yang saat ini dipelihara hanya beberapa jenis saja. Dengar-dengar dari kawan dan berdasarkan informasi di dunia maya, Hoya memiliki ratusan spesies tersebar di berbagai wilayah tropis khususnya Asia. Indonesia […]

Tinggalkan Balasan